10 Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga paru paru tetap sehat sampai hari tua

Menjaga kesehatan paru paru kita sangatlah penting, karena paru paru  merupakan organ tubuh yang sangat vital yang berfungsi menghirup oksigen, dan mengalirkannya melalui aliran darah untuk didistribusikan ke seluruh bagian tubuh serta mengeluarkan karbondioksida sebagai hasil keluaran proses respirasi.
Paru paru merupakan organ vital yang menunjang hidup kita sehingga patut kita jaga kesehatannya.
Sebenarnya tubuh kita sudah memiliki sistem pertahanan dan perlindungan yang baik untuk menjaga paru paru kita tetap bersih dan sehat. Namun dalam proses perjalanan hidup kita, kita menemui berbagai zat yang berbahaya yang merusak saluran udara dan mengurangi kemampuan paru paru kita yang jika kita biarkan dapat menjadi penyakit yang mengancam paru paru kita.
Penyakit tersebut antara lain:

  • Asma
  • Bronkitis
  • Emfisena
  • TuberCulosis
  • Kanker Paru
  • Paru Obstetrik Kronis
  • Sindrom Gangguan Pernapasan Akut



Agar paru paru tetap terjaga kesehatannya, kita bisa sedikit mengubah gaya hidup, pola makan dan beberapa kebiasaan menyehatkan lainnya, seperti antara lain:

  1. Jangan jadi perokok pasif; Asap rokok yang dihembuskan oleh perokok aktif jauh lebih berbahaya daripada asap rokok yang dihirup oleh perokok aktif tersebut, untuk itu hindarilah tempat tempat yang di situ terdapat perokok aktif.
  2. Berhentilah merokok; jika anda seorang perokok, anda tidak hanya meracuni diri anda sendiri, tapi anda juga sedang meracuni orang lain.
  3. Batasi paparan polusi; gunakan masker ketika bepergian, gunakan bahan bahan yang ramah lingkungan.
  4. Jaga dan tingkatkan kualitas udara dalam rumah anda, tanamlah tanaman hias yang memiliki kemampuan menyaring senyawa organik volatil umum, kurangi pemakaian produk yang tidak ramah lingkungan, maksimalkan fungsi ventilasi ruangan.
  5. Berlatih menggunakan pernapasan dalam
  6. Perbanyak aktivitas “meniup” ; bisa dilakukan dengan bernyanyi, meniup alat musik atau meniup balon untuk melatih dan memperkuat paru paru anda.
  7. Konsumsi makanan yang sehat
  8. Rajin berolah raga dan selalu aktif bergerak
  9. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, mencuci tangan sebelum makan, atau menggunakan hand sanitizer seperti antis atau aseptic gel, mengurangi kegiatan di luar selama musim pilek dan flu.
  10. Rajin melakukan medical check up.
Baca juga  Mencermati Bahaya Penggunaan Lensa Kontak

Menjaga kesehatan paru paruBaca juga: 

[addthis tool=”addthis_inline_share_toolbox”]