Berapa lama oksigen habis jika tabung berukuran 1m3

Ya, banyak sekali customer kami yang menanyakan pertanyaan tersebut, sanggup berapa lama oksigen yang berada dalam tabung oksigen berukuran 1m3 jika dipakai terus menerus.

Jawabannya relatif, karena hal tersebut tergantung dari seberapa besar bukaan kran regulator atau seberapa banyak asupan oksigen yang dibutuhkan oleh pasien.

Semakin besar tekanan oksigen yang dialirkan, semakin banyak oksigen yang dikonsumsi dan semakin cepat oksigen yang berada di dalam tabung tersebut habis.

Anda dapat menggunakan patokan sebagai berikut
  • Jika tekanan bola pada garis ukur berada di angka 2, estimasi oksigen akan habis dalam waktu 4 jam pemakaian non stop
  • Jika tekanan bola pada garis ukur berada di angka 4, estimasi oksigen akan habis dalam waktu 2 jam pemakaian non stop
  • Jika tekanan bola pada garis ukur berada di angka 6, estimasi oksigen akan habis dalam waktu 1 jam pemakaian non stop.

Jika anda sudah menerapkan patokan di atas tapi ternyata oksigen dalam tabung anda habis sebelum waktunya, Anda bisa memeriksa apakah ada kemungkinan terdapat kebocoran pada kran tabung oksigen anda atau pada regulator oksigen anda.

berapa lama oksigen habis

Bila kebocoran pada kran tabung oksigen, bisa jadi dari ring teflon di dalam kran anda sudah aus, opsinya adalah dengan mengganti ring teflon tersebut. Tapi jika sudah diperbaiki ternyata masih bocor maka pilihannya adalah mengganti dengan kran yang baru. Anda tidak dapat mengganti sendiri kran tersebut. Anda harus membawanya ke tempat penyedia oksigen terdekat di tempat anda untuk diganti.

Jika kebocoran pada ulir konektor regulator oksigen anda, biasanya masih bisa diperbaiki dengan menambahkan balutan seal tape. Tapi jika kebocoran berasal dari lubang pembuangan safety valve regulator maka pilihannya adalah mengganti regulator oksigen anda dengan yang baru. Anda bisa membeli regulator oksigen di apotik, toko alat kesehatan atau tempat pengisian oksigen langganan anda. Harga regulator oksigen berkisar antara 250 ribu hingga 350 ribuan untuk buatan Cina/ Taiwan atau di atas 1 jutaan untuk regulator oksigen buatan Jepang.

Demikian semoga bermanfaat untuk anda

 

Baca juga: Cara mengecek isi tabung oksigen