Daun Insulin – Obat Herbal bagi Penderita Diabetes




Yakón (latin: Smallanthus sonchifolius) merupakan tanaman dari famili Asteraceae, kerabat bunga matahari, dahlia, artichoke, tanaman edible dan tanaman hias lainnya. Tanaman ini dijuluki Mexican Sunflower karena menurut sejarahnya tanaman ini berasal dari meksiko, dan menyebar ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan, hingga sampai ke Asia dan Afrika.

Daun insulin memiliki rasa yang manis (karena mengandung zat insulin), dengan bentuk bunga mirip dengan bunga violet, resin, dan terdapat tuna antena. Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian maksimal 2 meter dan bunganya berwarna kuning.




Awalnya tanaman ini tidak dipergunakan sebagai tanaman obat, melainkan sebagai tanaman hias karena tampilan bunganya yang indah. Di Indonesia sendiri masyarakat kita lebih mengenalnya dengan nama Daun Insulin, dan lebih dikenal sebagai tanaman hias daripada tanaman herbal. Budidayanya pun tergolong masih baru, sekitar 8-9 tahun terakhir ini.

Tanaman ini memiliki efek menurunkan glukosa darah. Akarnya memiliki nilai energi yang relatif rendah, meskipun rasanya manis. Daun dan batang dari tanaman Yakón memiliki aktivitas antioksidan yang kuat dan dianggap sebagai suplemen makanan yang berpotensial dalam pencegahan penyakit kronis yang melibatkan stres oksidatif terutama diabetes melitus. Khasiat ini terkait dengan kandungan fenol dan fruktooligosakarida.

Studi klinis kedua diterbitkan di Chemico -Biological Interactions. Pada studi klinis yang dilakukan tahun 2010 ini, tim ilmuan menguji kadar glukosa darah dan insulin tikus yang di injeksi diabetes dengan ekstrak daun Yakón selama 8 minggu. Setelah 8 minggu penggunaan ekstrak daun Yakón, hasilnya pun positif. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan daun Yakón dalam mengendalikan kadar insulin dan glikemik pada tikus percobaan. Sampai disini para peneliti cukup antusias melihat kemungkinan daun Yakón dalam pengobatan diabetes.



Bagaimana cara mengolah daun Insulin untuk dijadikan sebagai obat herbal? Tentunta berbeda-beda, tergantung pada jenis olahan daun Insulin itu sendiri. Daun segar, misalnya, dapat dikonsumsi setelah direbus lalu diambil air rebusannya yang kemudian dapat diminum. Ada juga olahan daun ini yang berupa ekstrak atau sari insulin yang biasanya dikemas dalam bentuk botol yang dapat langsung diminum dengan praktis.

Daun Insulin - Obat Herbal bagi Penderita Diabetes

Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan manfaat daun Yakón atau daun Insulin khususnya terhadap penyakit diabetes. Studi klinis awal yang diterbitkan oleh The Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2001, menyatakan bahwa pemberian rebusan daun Yakón pada tikus percobaan selama 30 hari dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Selain itu, berpengaruh juga terhadap penurunan berat badan yang sehat terhadap tikus tersebut.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai daun Yakón atau daun Insulin. Tidak bisa dipungkiri, diabetes merupakan penyakit yang pengobatannya membutuhkan waktu bahkan seumur hidup. Namun, bukan berarti menjadi alasan bagi kita untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat.

sumber kaskus