Mengenal Tabung Oksigen dan Konsentrator Oksigen/ Oxygen Concentrator

Tabung oksigen dan konsentrator oksigen direkomendasikan pemakaiannya oleh dokter untuk pasien yang sedang menjalankan terapi oksigen.  Maksud dan tujuan dilakukannya terapi oksigen ini adalah untuk mempertahankan dan memperbaiki kadar oksigen dalam darah sehingga menjadi lebih baik.

Ada dua macam cara dalam menyediakan oksigen tambahan ini yaitu:

  1. Dengan Tabung Oksigen
  2. Dengan Konsentrator Oksigen

Meskipun kedua alat ini bekerja dengan cara yang berbeda, kedua perangkat ini menyediakan oksigen tambahan melalui kanula yang dipasang pada hidung, melalui selang tipis dengan dua cabang yang nyaman dipasang di hidung, atau dengan masker yang menutupi hidung dan mulut. Gaya hidup sering menjadi faktor kunci dalam menentukan jenis terapi oksigen yang ideal untuk Anda. Banyak pasien menggunakan kombinasi tabung oksigen dan konsentrator oksigen.

Tabung Oksigen

Tabung oksigen berisi oksigen yang bertekanan, dan menyalurkan oksigen murni kepada pasien. Tabung yang kecil berisi oksigen yang dimampatkan dapat dibawa secara praktis dan mobile, karena bentuknya yang kecil dan dilengkapi dengan troli. Sedangkan tabung oksigen yang besar biasanya digunakan hanya untuk pemakaian yang tetap di rumah.

American Association for Respiratory Care memperingatkan pasien bahwa, “Tabung Oksigen yang besar dan berat hanya cocok untuk penggunaan stasioner.”

Oksigen cair mengambil lebih sedikit ruang dan lebih ringan dari gas oksigen. Oksigen cair sangat efektif untuk tabung oksigen yang kecil dan mobile – namun, harga tabung oksigen yang bisa diisi dengan oksigen cair lebih mahal daripada tabung oksigen yang dikompresi.

Pada saat akan digunakan untuk bepergian, pasien harus tahu berapa lama durasi pemakaian oksigen yang disediakan oleh tabung, dan membawa tabung oksigen cadangan bila diperlukan. Pasien yang membutuhkan tingkat oksigen yang tinggi mungkin perlu membawa beberapa tabung kecil ketika bepergian dan jauh dari rumah untuk waktu yang lama.



Konsentrator Oksigen/ Oxygen Concentrator

Konsentrator oksigen adalah alat yang berfungsi untuk menyediakan ketersediaan oksigen dengan cara  mengambil  udara dari sekitarnya dan, memisahkan oksigen yang ditemukan di udara untuk kemudian disalurkan kepada pasien. Tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan oleh konsentrator oksigen ini mencapai 95 persen.

konsentrator oksigen

Konsentrator oksigen menggunakan listrik untuk bisa menjalankannya. Sangat penting untuk menyediakan tabung oksigen cadangan. Hal ini dimaksudkan agar pada saat terjadi kegagalan daya atau mati listrik suplai oksigen tidak terputus. Pada awalnya konsentrator oksigen berbentuk mesin besar yang hanya bisa digunakan di rumah, tetapi model baru konsentrator oksigen portabel memungkinkan mobilitas dan kebebasan yang lebih besar. Kelemahan terbesar untuk konsentrator oksigen adalah ketergantungan mesin pada daya listrik. Jika ada pemadaman listrik atau baterai pada konsentrator oksigen portabel gagal, mesin  akan mati dan tidak dapat mensuplai oksigen.

PENTING UNTUK ANDA KETAHUI
Saat menggunakan terapi oksigen, anda harus menyadari bahaya ekstrim yang ditimbulkan oleh api terhadap keselamatan Anda. Anda tidak boleh merokok saat memberikan terapi oksigen. Konsentrator oksigen harus setidaknya berjarak minimal lima meter dari sumber api terbuka.

Baca juga: