Bagaimana Merawat Oxygen Concentrator Agar Tetap Berfungsi Optimal

Seperti kita ketahui, oxygen concentrator merupakan alat yang berfungsi untuk memisahkan kandungan oksigen dari gas lainnya di dalam udara bebas dan menyalurkan 90 -95 persen oksigen murni langsung ke paru paru. Agar oxygen concentrator dapat terus berfungsi dengan optimal kita wajib merawat dan membersihkannya secara rutin. Selain lebih enak dilihat,  juga menghindarkan dari penyakit akibat menumpuknya debu atau zat lain pada alat.

Berikut ini langkah langkah untuk membersihkan oxygen concentrator:

  1. Bersihkan bagian luar oxygen concentrator seminggu sekali, Jangan menyemprotkan pembersih ke konsentrator. Sebaliknya, bersihkan dengan kain yang lembab dan sabun cuci piring ringan.Bersihkan filter eksterior oxygen concentrator anda seminggu sekali (Bila unit anda dilengkapi dengan filter eksterior). Lepaskan filter eksterior dari unit oxygen concentrator dan bersihkan dengan air hangat dan dibantu deterjen makanan cair ringan. Keringkan filter secara menyeluruh dan periksa apakah ada sobekan,  dan lubang. Ganti filter jika terdapat kerusakan.
  2. Kanula hidung
    Bersihkan kanula hidung  seminggu sekali atau sesuai kebutuhan.
    Cuci kanula dalam air yang mengandung sabun dan bilas dengan larutan sepuluh bagian air dan satu bagian cuka. Bilas bersih dengan air panas dan menggantung sampai kering.
  3. Tubing
    Tubing menghubungkan kanula hidung dengan Oxygen Concentrator, tidak perlu dibersihkan, tetapi direncanakan untuk menggantinya setiap 6 hingga 12 bulan menyarankan ATS.
  4. Botol humidifier
    Menurut American Association for Respiratory Care,  botol humidifier dibersihkan ketika laju aliran oksigen lebih besar dari 4 liter per menit.
  5. Cuci botol setiap hari dengan air hangat dan mengandung sabun
    Selanjutnya, rendam botol dalam larutan cuka dan air untuk menghilangkan dan menyimpannya
    Bilas dengan baik dan isi ulang dengan air suling
    Kembalikan botol ke tempatnya di atas konsentrator
    Setelah membersihkan humidifier Anda, Anda harus selalu memastikan untuk memasangnya kembali dengan benar untuk mencegah oksigen bocor keluar. Selalu pastikan tutupnya sudah terpasang dengan benar.

Dengan dibersihkan dan dirawat secara berkala, Oxygen concentrator yang anda miliki dapat bekerja dengan optimal dan dari sisi kebersihan juga akan menghindarkan anda dari resiko penyakit yang tidak diinginkan.

konsentrator oksigen

 

Baca juga: