Yakin Masih Mau Merokok? yuk Kenali Bahayanya

Rokok saat ini sangat mudah untuk diakses, dari warung warung di sudut kampung hingga convenience store seperti Indomaret dan Alfamart yang bertebaran di seluruh penjuru yang menjual benda berbahaya ini. Jadi tidak mengherankan bila anak anak usia remaja pun sudah akrab dengan rokok. Padahal rokok mengandung banyak sekali zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita yang dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan kematian. Tidak hanya itu, Pemerintah pun gencar mempromosikan kampanye anti rokok dengan mengeluarkan peraturan yang mewajibkan produsen rokok untuk menampilkan materi kampanye anti rokok berupa peringatan bahaya merokok dan foto atau  gambar pengaruh buruk akibat rokok di kemasan rokok.

Berikut ini adalah bahaya merokok bagi kesehatan kita :

Kanker
Ada beberapa kandungan dalam rokok yang dapat mencetus timbulnya kanker, yaitu cromium dan cadmium, Zat kromium ini menyebabkan karsinogen menempel pada DNA manusia dan merusaknya. Karsinogen yang disebabkan oleh kromium inilah yang menjadi biang keladi dari munculnya penyakit kanker. merupakan penyebab utama penyakit kanker yang menyerang manusia.

Kandungan cadmium dalam rokok tidak hanya dapat mengakibatkan kanker, namun juga dapat merusak ginjal dan menutup aliran darah di arteri. dalam kondisi normal tubuh manusia dapat mengeluarkan racun ini dalam tubuh, tapi karena jumlah rokok yang dihisap terlalu banyak maka mengakibatkan cadmium menumpuk dalam tubuh.

Resiko kematian akibat kanker paru adalah 23 kali lebih tinggi untuk pria perokok, sedangkan untuk wanita perokok adalah 13 kali jika dibandingkan dengan orang yang bukan perokok.

kenali bahaya merokok

Jantung
Perokok aktif memiliki resiko 2 hingga 4 kali lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner, dan memiliki resiko 2 kali lebih besar untuk terkena stroke. Merokok juga menyebabkan timbulnya penyempitan pembuluh darah arteri, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh menjadi terganggu. Akibatnya, perokok akan memiliki peluang 10 kali lebih tinggi terkena penyakit pembuluh darah serta  impotensi/ereksi.

Gangguan janin
Rokok merupakan penyebab terjadinya pengentalan darah dalam tubuh, dan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin.  Dalam jangka panjang mengakibatkan kasus BBLR, Bayi dengan Berat Lahir Rendah.

Gangguan Pernapasan
Merokok menyebabkan gangguan pernapasan, baik untuk perokok aktif maupun perokok pasif yang ikut menghirup asap rokok yang dikeluarkannya. Perokok rentan untuk terkena untuk terkena penyakit paru kronis hingga 10 kali lebih besar dibanding yang tidak merokok.

Jadi, masih mau merokok?

Baca Juga: