Berapa lama masa kadaluarsa oksigen medis dalam tabung anda?

Masa kadaluarsa oksigen medis dalam tabung oksigen kita itu berapa lama sih?. Pertanyaan ini sering sekali dilontarkan oleh beberapa pelanggan ketika mengisi ulang tabung oksigen di tempat kami. Berdasarkan referensi dari Industrial Pressure Testing Ltd, masa kadaluarsa oksigen medis adalah 3 (tiga) tahun sejak tanggal pengisian terakhir. Namun jika anda tidak ingat kapan terakhir anda mengisi ulang tabung oksigen anda, maka sebaiknya oksigen yang ada dalam tabung dikeluarkan, diflushing dan diisi ulang kembali. Berikan catatan pada tabung berupa keterangan atau informasi tanggal pengisian terakhir jadi kita bisa menghitung masa kadaluarsa oksigen medis dalam tabung kita.

Sedangkan untuk pemeriksaan kondisi tabung oksigennya sendiri harus diinspeksi dan diuji setiap 5 (lima) tahun sekali. Pengujian ini harus dilakukan oleh lembaga penguji yang terakreditasi. Sehingga bisa diketahui apakah tabung oksigen masih layak atau sudah tidak layak digunakan

masa kadaluarsa oksigen medis dalam tabung


Namun pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali tabung oksigen yang usianya di atas lima tahun bahkan ada yang puluhan tahun tidak pernah diinspeksi dan diuji oleh lembaga penguji yang terakreditasi. Sebenarnya hal ini sangat berbahaya.  karena tabung tersebut  sangat berpotensi untuk pecah dan meledak, Kita tidak pernah tahu kekuatan tabung oksigen kita pada saat proses pengisian oksigen dengan tekanan tinggi.

Umumnya pemeriksaan  kondisi tabung oksigen hanya dilakukan secara visual. Pemeriksaan visual ini dilakukan dengan melihat kondisi tabung oksigen secara langsung apakah terdapat korosi, dan seberapa parah korosinya. Pemeriksaan tabung juga dilakukan dengan memukul tabung oksigen. Apabila suaranya masih nyaring, maka disebut layak dan masih bisa digunakan. Apabila ketika tabung oksigen dipukul sura yang dihasilkan mendem/ tidak nyaring, maka kita bersumsi ada korosi di bagian dalam tabung tersebut dan tabung tidak aman untuk digunakan.

Demikian sedikit pengetahuan yang bisa kami bagikan, selalu pastikan kondisi tabung anda masih layak dan aman digunakan

Baca juga: