Pola makan dan gaya hidupmu sekarang, sehatmu di hari tua nanti

“Pola makan dan gaya hidupmu sekarang, sehatmu di hari tua nanti”. Sebelumnya maaf mungkin penulisan judulnya agak lebay, Ada pesan yang berusaha kami sampaikan untuk siapapun yang membaca artikel ini.

Sekitar dua tahun yang lalu kami memiliki seorang pelanggan (kami sebut pasien) yang tingkat ketergantungan menggunakan oksigennya sangat tinggi, beliau menghabiskan dua tabung oksigen berukuran 6 m3 dalam sehari,  kadang masih nambah. Tak perlu kami sebutkan siapa beliau dan apa penyakit yang diderita beliau. Yang akan kami ceritakan adalah kisah di masa muda beliau yang sedikit kelam, bukan bermaksud membicarakan keburukan, kami hanya berusaha mengambil hikmah dan kami sampaikan kepada yang lain agar tidak diikuti.

Beliau seorang pengusaha dibidang transportasi, dan di masa muda beliau, minuman beralkohol adalah teman setia. Ditambah dengan kebiasaan dan gaya hidup yang buruk yang kemudian membawa beliau terbaring lemah.  Berbulan bulan beliau harus ditemani dua buah tabung oksigen besar dan obat obatan yang harus rutin dikonsumsi. Sampai akhirnya beliau dipanggil menghadap Yang Kuasa.

bahagia

Banyak contoh yang lain selain beliau, yang ketika berusia  muda tidak menyayangi dirinya sendiri. Dengan mengkonsumsi alkohol atau bahkan obat obatan terlarang dan hidupnya berakhir buruk dengan sejumlah organ tubuh yang rusak. Yang masih hangat bulan April 2018 yang lalu, korban ke-44 kasus miras oplosan di Bandung yang selamat dari maut massal. Saat itu si korban sudah diberikan kesempatan kehidupan kedua oleh Yang Kuasa, tetapi karena kemudian mengkonsumsi miras oplosan lagi, ya sudah berakhirlah hidupnya. Tentunya hal ini sangat ironis bukan? Hidupnya berakhir dengan kekonyolan.

Pesan moral dari tulisan di atas, sayangi tubuhmu, sayangi hidupmu. Jauhi alkohol dan narkoba, kurangi tidur larut malam, dan selalu jaga kesehatan, percayalah, apa yang anda lakukan saat ini akan berpengaruh di hari tua nanti. Mesinpun jika tidak dirawat akan rusak, apalagi tubuh manusia yang lemah ini.

Baca juga:

 Bagaimana Merawat Oxygen Concentrator Agar Tetap Berfungsi Optimal 

4 Peralatan Kesehatan yang Sebaiknya Anda Miliki di Rumah Anda

Sulitnya Mendapatkan Layanan Isi Oksigen di Daerah