4 Peralatan Kesehatan yang Sebaiknya Anda Miliki di Rumah Anda

Untuk pencegahan dini dan diagnosa penyakit secara mandiri di rumah, ada baiknya anda menyimpan beberapa peralatan kesehatan yang bisa anda pergunakan sewaktu waktu. Dengan menyiapan peralatan kesehatan ini, kita akan lebih siap jika suatu saat ada anggota keluarga kita yang sakit. 4 jenis peralatan kesehatan ini  dari sisi  harganya pun relatif murah dan terjangkau. Anda bisa mendapatkannya di apotik, toko alat kesehatan terdekat di rumah anda atau anda juga bisa membelinya secara online.  Berikut ini peralatan kesehatan yang sebaiknya anda selalu simpan di rumah anda:

Termometer

Termometer digunakan untuk mengukur suhu badan. Termometer terdiri dari dua macam; termometer air raksa dan termometer digital. Termometer air raksa memiliki pembacaan yang sangat akurat dalam mengukur suhu badan. Telemahan dari termometer jenis ini memiliki rentang waktu pembacaan yang lambat, dan tabung kacanya sangat rentan pecah jika terjatuh. Termometer air raksa dapat dibeli di apotik atau toko obat dengan harga berkisar 12 ribuan. Sedangkan termometer digital memiliki rentang waktu pembacaan 1 detik untuk tipe infra red tanpa kontak hingga 1 menit untuk tipe kontak langsung.

peralatan kesehatan yang harus anda miliki

Tensimeter

Tensimeter digunakan untuk mengukur tekanan darah dalam tubuh kita. peralatan kesehatan yang harus anda miliki di rumah ini memiliki  3 jenis tipe yang umum di pasaran, yaitu tensimeter air raksa, tensimeter jarum/ kompas dan tensimeter digital. Harga tensimeter berkisar dari tiga puluh ribuan untuk tipe tensimeter jarum, hingga jutaan untuk tensimeter dengan merk terkenal.

tensimeter kompas

 

Timbangan badan

Timbangan badan digunakan untuk mengukur berat badan kita. Timbangan badan ini terdiri dari dua macam yaitu timbangan badan jarum dan timbangan badan digital. harga timbangan badan berkisar dari delapan puluh ribuan  hingga jutaan rupiah tergantung merk dan pabrikan yang memproduksi. Anda bisa  membeli timbangan badan ini di apotik atau toko alat kesehatan terdekat.

Timbangan badan digital

 

Alat Pengukur GCU (Gula darah, asam urat dan kolestrol)

Alar pengukur GCU (Glucose, Cholestrol, Uric Acid) digunakan untuk mengukur kadar gula darah, asam urat dan kolestrol sesaat. peralatan kesehatan yang harus anda miliki di rumah ini ada yang dijual terpisah masing masing satu alat dan ada yang dijual kompak, 1 alat dengan 3 fungsi sekaligus. Untuk alat pengukur GCU tipe kompak 3 in 1 dijual di rentang harga 400 ribuan untuk alat saja, sedangkan untuk stripnya dibeli terpisah.

alat cek gula darah

Sebenarnya masih ada beberapa lagi peralatan penunjang kesehatan yang sebaiknya selalu ada di rumah tapi yang utama sebaiknya anda melengkapi rumah anda dengan 4 jenis peralatan kesehatan yang kita ulas di atas.

Baca juga: