Hari raya Qurban, waspadai kolestrol anda

Hari raya Qurban atau yang bagi umat muslim menyebutnya sebagai hari raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha ini adalah momen dalam merefleksikan pengorbanan Nabi Ibrahim ketika mendapatkan perintah Allah menyembelih putranya, nabi Ismail. Karena keikhlasan nabi Ibrahim maka Allah kemudian menggantinya dengan seekor domba untuk disembelih. Di Indonesia, pembagian jatah daging Qurban merupakan saat yang dinanti nanti. Tanpa ada komando, tanpa ada yang mengkoordinir terjadi gerakan bakar sate massal, dan sebagian lagi lainnya mengolah untuk  dijadikan masakan yang lain. Hal tersebut sah sah saja dan tidak ada larangan bagi siapapun. Namun yang perlu diwaspadai adalah bahaya kolestrol yang mengintai.

Sebenarnya, tanpa kolesterol seseorang tidak dapat hidup. Tetapi, bila  kadar  kolestrol dalam darahnya terlalu tinggi maka di sini kolesterol bukan lagi berguna tetapi dapat menjadi penyebab berbagai penyakit. Kadar kolestrol normal berada pada kisaran 200 mg/dl pada pemeriksaan  darah setelah minimal 10 jam puasa.  Apabila kolestrol berlebih ini tidak segera ditanggulangi, maka dapat membahayakan nyawa penderita.

Kolesterol yang berlebih  akan menempel di dinding pembuluh darah (plak cholesterol). Akibatnya, dinding pembuluh darah yang semula cukup lentur, mudah berkerut dan melebar, lama kelamaan akan menjadi lebih kaku (aterosklerosis) dan tidak dapat berdenyut dengan sempurna. Selain itu, pembuluh darah juga akan menjadi lebih menyempit (Republika Online).

Pembuluh darah yang menyempit ini yang akan menyebabkan laju aliran darah menjadi terhambat, dan kerja jantung menjadi lebih berat. Organ tubuh yang lain juga terganggu karena suplai oksigen yang dibawa dalam darah juga berkurang. Dan yang terjadi kemudian adalah terjadi tekanan darah tinggi, pembuluh darah pecah, stroke hingga serangan jantung koroner. Untuk itu, batasi diri dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsi daging Qurban.

Bagi anda yang hendak menyisihkan sedikit rejeki untuk dibagikan dalam bentuk daging Qurban dapat menyumbangkannya melalui Yayasan Global Qurban (member of ACT) dan Insya Allah daging Qurban akan dibagikan untuk yang berhak menerimanya. Untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi www.globalqurban.com atau ada pada gambar di bawah ini.

Idul Adha

Baca juga:

Sulitnya Mendapatkan Layanan Isi Oksigen di Daerah

Kadar gula anda terlalu tinggi? ini yang akan terjadi

Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung