Penanganan Sederhana Mengatasi Demam Pada Anak

Sebagai orang tua pastinya kita akan sangat kuatir ketika mendapati si kecil demam dan suhu badannya mendadak tinggi. Tidak ada salahnya kita membekali diri dengan sedikit pengetahuan bagaimana menangani demam pada anak agar kita dapat melakukan langkah langkah yang tepat dalam mengatasi demam pada anak.

Berikut ini yang harus kita ketahui dalam mengatasi demam pada anak

  1. Jangan panik, tetap berusaha untuk tenang agar kita dapat bijak dan tidak terburu buru dalam mengambil tindakan. Kepanikan cenderung membuat kita berbuat sesuatu yang dapat memperburuk situasi.
  2. Selalu siapkan termometer di rumah anda. Termometer bukan merupakan barang yang mahal dan susah dicari. Anda dapat membeli termometer di apotik mulai dari harga 12 ribuan. Jika anda ingin mendapatkan hasil pengukuran yang cepat dan tidak repot, anda dapat memilih termometer non kontak infra merah atau termometer telinga yang memiliki kecepatan pengukuran hanya 1 detik.
  3. Berikan obat penurun panas bila suhu di atas 38 derajat celcius. Ada banyak merek obat penurun panas di pasaran, seperti sanmol, proris maupun merek yang lainnya.
  4. Jaga ruangan tetap nyaman dan suhu dingin, bayi mengenakan pakaian yang tipis.
  5. Awasi tanda dehidrasi, minum banyak air putih.
  6. Jangan berikan antibiotik tanpa resep dokter. Antibiotik biasanya diberikan ketika terjadi radang, tapi jangan sembarangan dalam memberikan antibiotik, karena dosis yang salah justru akan membuat kuman semakin resisten terhadap antibiotik, akibatnya akan menjadi semakin sulit untuk diobati,
  7. Kompres anak dengan air hangat. Dengan memberikan kompres air hangat  suhu badan akan turun perlahan dan tidak drastis dibandingkan dengan kompres air dingin.
  8. Waspadai kejang yang mungkin timbul. Anak rentan mengalami kejang ketika suhu badan mencapai 40 derajat atau lebih, jaga suhu badan anak agar selalu di bawah angka 40 derajat celcius. Berdasdarkan pengalaman pribadi, anak laki laki cenderung lebih rentan mengalami kejang dibandingkan dengan anak perempuan.
  9. Segera bawa anak ke dokter bila; demam tinggi lebih dari 3 hari, suhu badan lebih dari 40 derajat celcius tidak turun dengan obat, terdapat tanda dehidrasi, anda menemukan gejala penyakit yang lain.
mengatasi demam pada anak
mengatasi demam pada anak

Demikian tips langkah langkah menangani demam pada anak, semoga bermanfaat.