FAKTA ! Alkohol lebih berbahaya dibanding Ganja

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Universitas Colorado Boulder menemukan bahwa alkohol menjadi lebih berbahaya daripada Ganja khususnya bagi kesehatan otak.
Di Indonesia sendiri sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan akses terhadap minuman beralkohol. Dan kita juga telah mengetahui efek buruk alkohol ketika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Colorado Boulder ini menunjukkan bahwa wilayah yang paling terkena dampaknya adalah kesehatan otak karena dapat menyebabkan terjadinya proses yang merusak. Dibandingkan dengan aktivitas merokok, merokok tidak mempengaruhi kesehatan otak seperti halnya alkohol.
Pengamatan terhadap citra otak pada orang dewasa yang berusia 18 hingga 55 tahun dan remaja berusia 14 hingga 18 tahun menyimpulkan variasi terjadi pada hasil menggunakan alkohol dan ganja.

Alkohol lebih berbahaya dibanding Ganja
Sebenarnya tidak perlu penelitian yang mendetail untuk mengetahui bahaya alkohol terhadap kesehatan otak. Ketika seseorang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan berlebihan, dia akan kehilangan kontrol terhadap dirinya sendiri. Otak tidak dapat memberikan perintah terhadap anggota badan yang lain. Sehingga perilaku orang yang mengkonsumsi alkohol berlebihan tersebut menjadi tidak terkendali. Dalam agama Islam sendiri kita diminta untuk tidak mendekati minuman beralkohol.

Faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan akibat penggunaan alkohol:

Alkohol mengandung kalori tinggi
Risiko kegemukan atau obesitas lebih tinggi
Depresi dan kecemasan
Merusak diri dan bunuh diri
Memori gangguan atau tidak mampu membentuk ingatan.
Peminum kronis menampilkan pengurangan memori serta gangguan proses emosional dan kognisi sosial – dan ini dapat bertahan bahkan setelah bertahun-tahun berpantang.

sumber: http://blog.cooperpharma.com

Baca juga  Jauhi 10 macam penyakit dengan mencuci tangan