5 Macam olahraga menyenangkan untuk memperkuat fungsi jantung

Jantung memiliki fungsi sangat vital dalam kehidupan kita, yaitu dengan memompa dan mengalirkan darah yang didalamnya terdapat oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika fungsi jantung terganggu, maka suplai oksigen pun akan terganggu.  Dan kita tahu, jika dalam waktu 4 – 6 menit otak tidak mendapatkan suplai oksigen, maka otak akan mengalami kematian. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang terjaga, agar terhindar dari segala penyakit yang mungkin timbul. Untuk menjaga jantung tetap sehat kita dapat melakukan olahraga secara teratur. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup yang ringan saja dan lakukanlah secara rutin.

Berikut ini beberapa macam olahraga yang dapat anda lakukan untuk tetap menjaga jantung anda tetap sehat:

  1. Bersepeda
    Bersepeda merupakan aktifitas olahraga yang menyenangkan yang dapat anda lakukan secara rutin di waktu luang anda. Anda dapat melakukannya sendirian, bersama dengan keluarga tercinta, maupun dengan kawan kawan di komunitas pecinta sepeda. Yang perlu anda ingat saat bersepeda adalah, lakukan dengan santai dan sesuai kemampuan tubuh anda. Jangan memaksakan diri dan melampaui batas kemampuan tubuh anda karena aktifitas bersepeda yang seharusnya menyenangkan dan menyehatkan bisa berubah menjadi bencana untuk anda.
  2. Lari
    Anda dapat melakukannya saat di pagi hari ketika udara pagi masih sejuk dan segar atau di sore hari ketika matahari tidak lagi bersinar terik. Manfaat yang didapatkan dari lari ini adalah anda dapat membakar kalori dalam lemak tubuh anda. Lari juga dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh anda.
  3. Berenang
    Berenang dapat menjadi aktifitas keluarga yang menyenangkan. Anda dapat melakukannya saat weekend dan menikmati kebersamaan dengan keluarga anda. Dengan berenang anda juga dapat melatih ritme pernapasan, paru paru menjadi lebih sehat dan kuat. Dengan melakukannnya bersama keluarga, anda tidak akan menyadari bahwa anda sedang melakukan olahraga yang menyehatkan.
  4. Jalan kaki
    Dari sekian banyak cabang olahraga, berjalan kaki merupakan olah raga yang paling ringan dan dilakukan oleh semua orang. Semakin banyak aktifitas yang kita kerjakan, maka semakin sering kita melakukan olahraga ini tanpa kita sadari. Anda dapat menggunakan alat pedometer untuk mengukur berapa langkah anda dalam sehari.
  5. Olahraga kombinasi
    Jika rutinitas berolahraga membuat anda bosan, anda dapat menyelingi dengan kegiatan lain yang menyehatkan. Tidak perlu terpaku untuk melakukan satu jenis olahraga saja. Yang terpenting adalah jangan biarkan tubuh anda diam, agar lemak tidak menumpuk dalam tubuh anda.
Baca juga  Boleh Nggak Sih Minum Kopi Ketika Hamil?

berapa langkah dalam sehari