Jauhi 10 macam penyakit dengan mencuci tangan

Ketika tangan kita tampak bersih, sebenarnya perlu nggak sih cuci tangan lagi? Jawabannya WAJIB, karena dari kebiasaan yang sederhana dan mudah dilakukan ini kita bisa terhindar dari penyakit.
Dalam kenyataannya, tangan yang terlihat bersih sesungguhnya terdapat banyak sekali kuman, telur cacing dan virus yang bersarang di area permukaan kulit tangan dan sela sela kuku jari. dari hal ini yang wajib kita tanamkan adalah tangan bersih belum tentu steril.

Indonesia termasuk negara dengan tingkat kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat yang rendah, salah satunya kebiasaan mencuci tangan dengan sabun. Tidak mengherankan jika banyak sekali kasus masyarakat yang menderita cacingan, anemia dan diare.

Mengapa mencuci tangan dengan sabun  itu perlu? penggunaan sabun mempercepat tangan menjadi bersih, dengan menggosok jemari dengan sabun mampu membasmi kuman yang tak nampak, minyak, lemak dan kotoran di permukaan kulit. Mencuci tangan dengan sabun juga terbukti ampuh melindungi manusia dari berbagai penyakit antara lain:

  1. Muntaber
  2. Tifus
  3. Gastroenteritis
  4. Kolera
  5. Diare
  6. Cacingan
  7. Jamur kulit
  8. Polio
  9. Hepatitis
  10. Leptospirosis

Semua penyakit tersebut di atas disebabkan akibat sanitasi yang buruk dan perilaku tidak sehat dengan tidak mencuci tangan.

kebiasaan tidak mencuci tangan juga dapat berakibat fatal pada ibu yang sedang membuatkan susu untuk anak bayinya, penjual makanan atau ada kontak langsung antara makanan dengan binatang carrier seperti lalat, dan semut.
Cacingan menjadi sorotan disebabkan hingga saat ini anak anak di Indonesia belum terbebas dari penyakit tersebut. Umumnya cacingan ditemukan pada anak 5 hingga 14 tahun. Telur cacing yang menempel pada kulit memiliki ukuran skala mikron sehingga tidak terlihat oleh mata, dan akibat yang ditimbulkan dari kekurangan gizi hingga anemia.

Baca juga  Apakah mengkonsumsi RETIV*T dapat menyembuhkan BUTA WARNA?
Mencuci tangan
Mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir

Kapan kita wajib mencuci tangan menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir? antara lain sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan kamar mandi, sepulang dari bepergian, bermain memegang benda kotor dan berbagai aktivitas lainnya yang memungkinkan kontak langsung tangan kita dengan benda lain.
Kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun harus ditanamkan sejak dini oleh orang tua, sehingga akan tertanam perilaku hidup bersih dan sehat serta memutus mata rantai penyakit cacingan.

Baca juga:
5 Macam olahraga untuk memperkuat fungsi jantung
Fakta ! Alkohol lebih berbahaya dibanding ganja