Mengenali Pemicu Asma di Sekitar Anda

Asma dipicu oleh hal hal yang sangat umum dan sangat sulit untuk menghndarinya. Anda dapat mengurangi risiko serangan asma dengan sedikit perencanaan dan belajar untuk mencegah agar tidak terekspos pemicu asma. Berikut ini beberapa pemicu asma yang sebaiknya anda ketahui;

Pemicu asma di udara

Asma anda dapat kambuh ketika anda terpapar asap rokok, polusi udara, serbuk sari bunga dan uap dari vegetasi .  Hindari aktifitas di luar selama waktu-waktu serbuk sari sedang banyak atau angin sedang kencang dan membuat serbuk sari tanaman beterbangan.

Gunakan penyejuk ruangan jika anda memilikinya. Penyejuk ruangan mengurangi polutan udara dalam ruangan, dan juga mengurangi kelembapan di dalam ruangan atau rumah.

Pemicu Asma

Bulu Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan, sekalipun menggemaskan, dapat memicu asma pada orang yang alergi padanya.  Asma juga dapat dipicu oleh protein yang ditemukan pada air liur binatang, feces, urin, bulu, dan kulit. Untuk mencegah kambuhnya asma dari pemicu ini yang dapat kita lakukan adalah dengan menghindari tinggal bersama binatang. Cobalah jauhkan peliharaan Anda dari kamar tidur, furnitur, dan tempatkan di luar ruangan dalam kebanyakan waktu jika Anda tidak siap untuk berpisah dengan binatang kesayangan Anda, Bersihkan dan  mandikan secara teratur hewan peliharaan yang tinggal di dalam ruangan di rumah anda.

Jamur

Jamur dan lumut merupakan dua pemicu terbesar asma. Hindari tempat-tempat lembap di dapur, kamar mandi,  dan sekitar taman anda. Kelembapan tinggi dapat meningkatkan risiko jamur dan lumut untuk tumbuh. Gunakan dehumidifier jika kelembapan menjadi fokus anda.

Debu

Karpet dan keset juga merupakan sarang debu. Jika Anda memakai karpet di rumah, mungkin saatnya untuk mengganti lantai Anda dengan lantai kayu. Kurangi bahan yang tidak perlu, dan cucilah kain bahan Anda menggunakan air yang paling panas. Belilah pelindung debu untuk matras, box springs, dan sofa. Beli juga bantal anti debu yang bisa dipakai di bantal Anda

Baca juga  Kegunaan Daun Pandan Untuk Kesehatan

Berbagai kondisi lain yang dapat menyebabkan asma

Banyak sekali hal yang dapat memicu asma, seperti Infeksi, virus, dan penyakit yang mempengaruhi paru-paru Anda. Sebagai contoh udara dingin, infeksi pernapasan, pneumonia, dan flu. Infeksi sinus dan peningkatan asam juga  dapat menyebabkan asma kambuh.

Parfum dan bau bauan yang beraroma kuat dapat merangsang saluran pernapasan Anda. Stress, kecemasan, dan emosi kuat lainnya juga dapat menjadi pemicu napas yang tidak teratur. Alergi makanan juga dapat menyebabkan serangan alergi, khususnya jika Anda mengalami reaksi anaphylactic pada zat allergen yang terkandung pada makanan.