5 Kebiasaan buruk yang merusak kesehatan ginjal

Ginjal memiliki fungsi serta peranan penting untuk menyaring berbagai macam zat atau racun berbahaya yang ada dalam tubuh kita. Proses penyerapan tersebut tentunya di bantu dengan beberapa jenis mineral penting. Mengingat fungsi ginjal sangat vital, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal, agar kesehatan tubuh yang lainnya tidak terganggu. Yuk  kita simak apa sajakah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan ginjal;

1. Asupan garam berlebih :
Tanpa garam, masakan yang kita buat akan terasa hambar dan tidak enak untuk disantap. Sehingga garam menjadi bumbu dapur yang wajib ada di setiap kita akan memasak.  Akan tetapi, saat kita masukan garam tersebut terlalu banyak pada masakan, tentu akan membuat masakan kita menjadi asin bukan ?
Jika melihat manfaatnya untuk kesehatan, garam bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh, meringankan bronkitis dan masalah pernapasan lainnya, membuat rileks tubuh, mencegah hiponatremia dan banyak lagi manfaat lainnya.
Namun, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi  garam, baik itu pada makanan kemasan, olahan atau yang lainnya. Segera hentikanlah kebiasaan tersebut, karena jumlah natrium yang terlalu tinggi dapat mengganggu serta merusak kesehatan organ ginjal anda.

kesehatan ginjal

2. Mengkonsumsi terlalu banyak soda :
Dari sisi rasa, minuman bersoda memberikan efek rasa yang enak ketika diminum, akan tetapi efek jangka panjang  yang akan di timbulkan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Soda dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, salah satunya adalah merusak ginjal melalui urin yang terganggu. Akan lebih baik bagi kita untuk memperbanyak minum air putih daripada minum minuman bersoda, karena air putih  dapat membantu membersihkan racun dalam ginjal secara alami.

3. Minum Minuaman beralkohol :
Tidak berbeda dengan minuman yang mengandung soda, mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panajang akan berpotensi untuk merusak ginjal. Jadi, hentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol  jika anda ingin terhindar dari penyakit ginjal serta ingin mendapatkan ginjal yang sehat,  karena efek alkohol membuat ginjal harus bekerja keras menyaring racun yang terdapat pada alkohol, sehingga jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, organ ginjal tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga  Faktor Penyebab, Gejala dan Pengobatan Buta Warna

4. Kebiasaan merokok :
Di dalam sebatang rokok mengandung ribuan zat kandungan kimia beracun yang berbahaya bagi kesehatan, dan merusak berbagai organ dalam tubuh manusia seperti jantung, paru-paru hingga bahkan ginjal.

5. Kurang olahraga :
Rajinlah melakukan olahraga secara rutin dan teratur, maka tubuh yang sehat serta bugar pun akan dengan mudah anda dapatkan. Efek buruk yang akan anda dapatkan saat anda kurang berolahraga yaitu dapat mengganggu regenerasi tubuh perusak organ ginjal.

Demikian semoga bermanfaat