Efek Negatif Hipertensi Terhadap Kesehatan Tubuh Anda

Hipertensi atau yang kebanyakan orang awam menyebutnya sebagai tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana aliran darah yang mengalir dalam tubuh mengalami gangguan. Gangguan ini jika tidak segera diperbaiki akan berdampak pada rusaknya organ dalam tubuh kita. Dampaknya memang tidak akan langsung terasa dalam waktu dekat, tetapi lambat laun pasti akan terasa.
Untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan kita agar terhindar dari berbagai penyakit.  Sehat itu mahal, daripada menghabiskan uang untuk biaya berobat lebih baik menggunakannya untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Kerusakan pada organ manusia atau efek yang dapat timbul akibat dari tekanan darah terlalu tinggi dapat kita paparkan seperti berikut ini

Gangguan Jantung :
Jantung merupakan organ tubuh paling vital yang akan terkena kerusakan paling utama, mengingat fungsi jantung sebagai organ tubuh yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Hal tersebut dikarenakan aliran darah yang seharusnya mengalir dengan lancar dan sebagaimana mestinya ini menjadi tidak lancar.  Hal ini disebabkan  tekanan darah menjadi tinggi.  Terjadi pula penyumbatan pembuluh darah dan pada akhirnya otot jantung akan rusak dan membesar serta tidak akan berfungsi sebagaimana seharusnya.

hipertensi

Kerusakan pada Otak :
Tidak hanya pada jantung, otak pun dapat ikut mengalami kerusakan jika tekanan darah anda lebih tinggi dari yang seharusnya. Otak membutuhkan asupan oksigen sehingga ketika aliran darah tidak normal atau terganggu maka otak tidak dapat bekerja dengan semestinya. Jika tekanan darah yang mengalir ke otak tinggi, maka dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada otak yang berujung pada serangan stroke.

Gangguan Ginjal : Ginjal berfungsi ntuk menyaring asupan air berlebih serta limbah makanan dari darah. Saat aliran peredaran darah terganggu maka  mengakibatkan limbah yang seharusnya tersaring akan menumpuk. Dan pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan kesehatan ginjal.

Baca juga  4 Peralatan Kesehatan yang Sebaiknya Anda Miliki di Rumah Anda

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi anda untuk mengontrol tekanan darah secara rutin dan teratur serta menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari resiko penyakit berbahaya. Akan lebih baik bagi kita untuk mencegah tekanan arah tinggi dibanding mengobatinya.