Membuat Aquascape, apa saja yang harus kita siapkan?

Aquascape merupakan aquarium yang di desain agar tanaman bawah air dapat tumbuh subur di dalamnya. Agar tanaman bawah air tersebut dapat tumbuh subur apa aja yang perlu kita siapkan?

1. Media Tanam
Untuk media tanam ini anda bisa menggunakan pasir silica. Untuk hasil yang lebih bagus, anda dapat menggunakan pasir aqua soil atau sejenisnya yg memiliki kadar ph 6,5.

2. Pupuk dasar
Pupuk dasar ini umumnya terdiri dari pupuk2 yg berbentuk pasir, tablet yg dicampur menjadi satu dalam satu kemasan. Pupuk dasar digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar supaya tanaman cepat tumbuh dan tidak mudah mati.

Baca juga: Tabung Oksigen Medis dan Kelengkapannya yang sebaiknya anda miliki

3. Tabung CO2 dan Kelengkapannya
Tabung CO2 dan Kelengkapannya Meliputi : regulator, check valve, selang angin, bubble counter, dan diffuser. Jika anda memakai sistem filter external anda bisa memakai CO2 reactor sebagai pengganti diffuser.

4. Lampu Pencahayaan
Tanaman aquascape memerlukan lampu dengan intensitas cahaya yg tinggi sebagai pengganti cahaya matahari. Dianjurkan memakai lampu yg memilki kadar intensitas cahaya minimal 10.000 Kelvin. Lebih tinggi   intensitas cahayannya maka akan lebih bagus, atau bisa juga memakai lampu metal highlight.

5. Pendingin/ Chiller

Pendingin Chiller digunakan untuk mendinginkan suhu air agar tanaman aquascape tetap segar dan daunnya tidak mudah busuk. Temperatur bisa diatur antara 18 – 25 derajat celcius.  anda dapat memakai hanging fan (kipas) sebagai pengganti chiller dan harganya juga terjangkau jika ukuran aquarium anda kecil (dibawah 150 liter)

6. Pupuk cair
Gunakan pupuk cair digunakan setelah tanaman aquascape berhasil ditanam. Pemakaian pupuk bisa harian, mingguan, bahkan ada juga yg bulanan.  Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Gunakan pupuk cair secara rutin agar supaya tanaman tetap segar dan sehat.

Baca juga  Isi Ulang Oksigen di Palembang dan sekitarnya
aquascape
Photo oleh The Green Machine

 

Sumber: ferboesrichardson.wordpress.com

Artikel terkait:
Isi ulang Oksigen di Bekasi Cikarang dan sekitarnya
Isi Ulang Oksigen di Depok dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Purwokerto dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Bandung, Cimahi dan sekitarnya
Isi Ulang Oksigen di Palembang dan sekitarnya 
Isi Ulang Oksigen di Semarang dan Sekitarnya
Isi Ulang Oksigen di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Denpasar dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Malang, Batu dan sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *