10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani Kita

Puasa  merupakan aktivitas menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.  Puasa merupakan bukti ketakwaan seorang muslim. Dari hasil penelitian yang dilakukan,  puasa  bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berpuasa kita mengurangi  mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang menyehatkan tubuh kita. Sehingga kita terhindar dari dampak buruk dari makanan dan minuman yang kurang sehat tersebut.

Tidak hanya orang yang sehat saja yang merasakan dampak positif berpuasa, orang yang sedang sakit pun juga merasakan manfaatnya ketika menjalankan puasa. Kesehatannya berangsur-angsur membaik dan dapat terkontrol.

Baca juga: Bijak Menghabiskan Antibiotik Selama Masa Penyembuhan

Berikut ini  Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani.

1. Menjaga Berat Badan agar tetap Ideal

Berat badan sering kali menjadi problem bagi mereka yang ingin tampil perfeksionis. Bagi yang menjalankan program penurunan berat badan, puasa bisa menjadi pilihan yang tepat. Diet ekstrem bisa dihindari dengan menjalankan puasa. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan. Endapan makanan yang berlebihan akan menumpuk di perut. Dengan berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan, sehingga sirkulasi makanan dan buang air besar menjadi lebih lancar. Dengan demikian berat badan seseorang menjadi lebih mudah untuk diturunkan tanpa harus melakukan diet ketat yang justru malah berbahaya bagi tubuh.

2. Kesehatan Jantung Lebih Terjaga
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Karenanya kita harus menjaganya dengan baik. Puasa memiliki dampak yang sangat baik bagi jantung. Ketika berpuasa, tubuh kita ternyata melakukan peningkatan kolesterol yang baik (HDL) dan penurunan kolesterol yang jahat (LDL).

Baca juga  Cara Mengobati Cantengan Pada Jari Tangan si Bocah - Pengalaman Pribadi

Baca Juga : Tempat Sewa Kursi Roda di Jakarta 

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting sebagai penyaring zat berbahaya apapun yang masuk ke dalam tubuh. Saat berpuasa ginjal diistirahatkan dan dikurangi beban kerjanya. Berpuasa membuat ginjal semakin sehat karena fungsi ginjal akan maksimal bila osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Satu-satunya cara yaitu mengurangi asupan air dengan jalan berpuasa.

4. Peningkatan Kekebalan Tubuh
Terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuh saat kita berpuasa. Hal ini berpengaruh yang besar terhadap sistem kekebalan tubuh.

5. Berkurangnya resiko Diabetes
Diabetes merupakan penyakit  yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) dengan kadar yang jauh di atas normal. Diabetes merupakan imbas dari  ketidakmampuan tubuh untuk cukup menghasilkan insulin yang digunakan untuk mengatur keseimbangan gula darah. Dengan berpuasa maka mengkonsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi. Hal ini akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol dalam darah.

6. Mencegah Penyakit Persendian.
Dari percobaan ilmiah, disebutkan bahwa puasa bisa menjadi sebab kesembuhan penyakit persendian. Percobaan ini dilakukan terhadap sejumlah relawan penderita penyakit tersebut dan ternyata memperoleh hasil yang menakjubkan. Seseorang yang menderita gangguan  sendi berupa pengapuran maka dengan berpuasa dan mengurangi berat badan, akan membantu memperbaiki gangguan pada persendian terutama pada sendi lutut dan sendi tulang belakang.

7. Menetralkan Racun Dalam Tubuh
Saat berpuasa racun akan dinetralkan dan dikeluarkan melalui keringat, urine dan tinja.

8. Mengurangi Kebiasaan yang Kurang Baik

Dengan rutin menjalankan puasa, maka kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan bisa dikurangi  sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga  Cara Pertolongan Pada Keracunan Jengkol

9. Menenangkan Jiwa

Selain menahan haus dan lapar,  kita juga wajib menahan amarah. Hal ini  membuat  psikologis seseorang menjadi lebih tenang dan secara ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Turunnya kadar  adrenalin akan berdampak baik bagi tubuh dan mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung koroner, stroke dan penyakit lainnya.

10. Pola Pikir Lebih Tajam dan Kreatif

Produksi hormom endorfin yang ada pada tubuh akan meningkat saat kita berpuasa. Hormon ini yang menciptakan perasaan nyaman, pikiran menjadi lebih tenang dan kewaspadaan mental meningkat. Dari segi insting, rasa lapar justru memaksa kita untuk berpikir lebih tajam dan kreatif.

Dengan menjalankan puasa secara benar, serta menerapkan pola hidup sehat,  semoga kesehatan jasmani dan rohani kita akan selalu terjaga.