Tabung Oksigen Medis dan Kelengkapannya yang sebaiknya anda miliki

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perihal tabung oksigen medis dan kelengkapannya. Penting, agar misalnya suatu ketika terjadi kondisi darurat misalkan salah satu keluarga anda ada yang membutuhkan oksigen, anda sudah menyiapkannya.

Tabung Oksigen
Tabung oksigen terdiri dari berbagai macam ukuran, dari mulai 0.5m3 hingga 7 m3 namun umumnya yang paling banyak digunakan adalah ukuran 1m3. Durasi pemakaian tabung oksigen tergantung dari berapa kebutuhan oksigen yang dibutuhkan pasien. Semakin besar pemakaian oksigen maka semakin cepat oksigen di dalam tabung anda habis.

Regulator Oksigen
Regulator berfungsi untuk mengatur aliran/ flow oksigen menuju ke pasien. Pengaturan flow oksigen harus tepat dan sesuai. Pemberian oksigen dilakukan ketika nilai saturasi oksigen berada pada level kurang dari 90%. Terdapat berbagai merek regulator yang ada di pasaran, dengan kisaran harga Rp.200-300 ribu untuk buatan China/ Taiwan dan Rp.1,5jtan untuk buatan Jepang.

Regulator Oksigen
Regulator Oksigen

 

Baca juga:  Tempat Sewa Kursi Roda di Jakarta

Humidifier 
Humidifier berfungsi untuk melembabkan oksigen yang dialirkan ke pasien. Humidifier ada yang merupakan bawaan dari kit Regulator Set dan ada pula yang yang dijual terpisah dan berisi cairan humidifier yang siap pakai.

tabung humidifier

Nasal Canula
Nasal canulla merupakan selang yang berfungsi mengalirkan oksigen dari tabung oksigen menuju ke pasien. Pemakaian Nasal canula ini  memiliki kelebihan, dengan ukuran yang kecil dan dapat digunakan pasien sambil makan atau berbicara. Saat ini, terdapat high flow nasal canula yang dapat mengalirkan oksigen dengan laju hingga 60 L/menit.

Baca juga: Membuat Aquascape, apa saja yang harus kita siapkan?

Pulse Oximeter
Pulse oximeter berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah. Alat ini lebih banyak digunakan untuk memonitor kondisi pasien apakah kandungan oksigen dalam darah pasien mencukupi ataukah kurang dan harus segera mendapatkan asupan oksigen. Normalnya, saturasi oksigen pada orang sehat adalah di atas 95%. Jika kurang dari itu maka harus segera mendapatkan terapi oksigen. Di sinilah peran pulse oximeter dalam mengetahui kondisi seseorang apakah kandungan oksigen dalam darahnya mencukupi atau masih kurang. Jika seseorang masih dalam perawatan dan menggunakan oksigen maka sudah seharusnya menyediakan pulse oximeter untuk memonitor berapa kadar oksigen dalam darahnya.

Baca juga  Mengenal Tabung Oksigen dan Konsentrator Oksigen/ Oxygen Concentrator

pulse oximeter

pulse oximeter

Berikut ini daftar lokasi isi ulang tabung oksigen di beberapa kota di Indonesia:
Isi ulang Oksigen di Bekasi Cikarang dan sekitarnya
Isi Ulang Oksigen di Depok dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Purwokerto dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Bandung, Cimahi dan sekitarnya
Isi Ulang Oksigen di Palembang dan sekitarnya 
Isi Ulang Oksigen di Semarang dan Sekitarnya
Isi Ulang Oksigen di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Denpasar dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Malang, Batu dan sekitarnya
Isi ulang oksigen di Yogyakarta dan sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *