Mencermati Bahaya Penggunaan Lensa Kontak

Mencermati Bahaya Penggunaan Lensa Kontak

Lensa kontak dewasa ini tidak lagi sekedar karena kebutuhan sebagai pengganti fungsi kacamata dan mengkoreksi penglihatan tapi lebih kepada kosmetik untuk memperbaiki penampilan. Dan penggunaan lensa kontak saat ini makin menjadi tren yang mendunia. Lensa kontak saat ini telah menjadi bagian dari fashion.

Selain fungsinya yang bisa mengubah tampilan mata dalam waktu singkat, baik dari pemilihan warna atau menciptakan kesan mata yang lebih besar, pemakaian lensa kontak ini memiliki resiko dan bahaya terhadap kesehatan mata penggunanya. Untuk itu pemakai lensa kontak ini sudah selayaknya mencermati penggunaannya.

Baca juga: Bahaya Minuman Keras Oplosan pada Mata Manusia

Bahaya Penggunaan Lensa Kontak

Contoh  desain lensa kontak dekoratif.

Pengguna harus menyadari bahwa ukuran lensa kontak yang dibeli bebas di pasaran belum tentu cocok untuk semua orang. Penggunaan lensa kontak dengan ukuran yang tidak sesuai dapat menimbulkan resiko sebagai berikut:

  1. Timbul Infeksi pada lapisan selaput bening (konjungtiva)
  2. Timbul goresan pada kornea, yang akan menimbulkan keluhan mata merah, nyeri, berair, dan silau
  3. Terjadinya infeksi pada kornea, dari yang sifatnya paling ringan yang bisa sembuh tanpa bekas, hingga timbulnya infeksi berat yang dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan maupun rusaknya integritas bola mata.
  4.  Dalam jangka panjang, penggunaan lensa kontak dapat mengakibatkan gangguan stabilitas lapisan air mata dan gangguan pada permukaan bola mata, yang berakibat pada sindroma mata kering.
Bahaya Penggunaan Lensa Kontak
Infeksi berat pada kornea mata akibat penggunaan lensa kontak

masalah utama yang timbul dari penggunaan lensa kontak bukan karena lensa kontaknya yang bermasalah, namun karena ketidak mengertian pengguna lensa kontak, khusunya dalam memperlakukan dan merawat lensa kontak, dan cara penggunaan yang salah,  dengan tidak berkonsultasi dengan dokter spesialis Mata terlebih dahulu.

berikut ini beberapa tips cara merawat lensa kontak yang benar:

  1. Mencuci tangan dengan benar sebelum memegang lensa kontak.
  2. Mencuci lensa kontak dengan tahapan yang benar, yaitu mengggosok lensa kontak untuk membersihkan protein dan bakteri yang menempel di lensa, mencuci dengan cairan khusus pembersih lensa yang sesuai, Tidak direkomendasikan menggunakan air keran, karena air keran dapat mengandung parasit yang bisa menimbulkan infeksi serius pada kornea mata.
  3. Dilarang menggunakan  lensa kontak saat tidur (overnight wear). Pemakaian lensa kontak saat tidur meningkatkan resiko infeksi secara signifikan. Batasi penggunaan  lensa kontak  maksimal 8 jam per hari.
  4. Gantilah lensa kontak dengan yang baru sebelum masa kadaluarsanya berakhir.
  5. Periksakan diri secara rutin ke Dokter Spesialis Mata

Mengingat resiko dan bahaya penggunaan lensa kontak yang ditimbulkan  maka sebaiknya  hindari penggunaan lensa kontak untuk tujuan kosmetik. Perawatan dan perlakuan yang salah pada lensa kontak dapat mengakibatkan komplikasi yang serius, yang dapat berakibat fatal yaitu hilangnya penglihatan.

Sumber:

Baca juga  5 Cara membersihkan luka yang benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *