7 Tanaman Obat Yang Sebaiknya Anda Tanam di Rumah

7 Tanaman Obat Yang Sebaiknya Anda Tanam di Rumah

Penggunaan tanaman obat untuk metode penyembuhan penyakit sudah dikenal dan digunakan sejak jaman nenek moyang kita dahulu. Kebiasaan tersebut turun temurun hingga saat ini. Tidak sedikit dari masyarakat kita yang lebih menyukai mengkonsumsi tanaman obat tersebut dibandingkan mengkonsumsi obat obatan modern. Pertimbangannya adalah, obat obatan modern tersebut mengandung bermacam zat kimia yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dapat merusak fungsi hati dan ginjal.
Disamping itu kita dapat lebih mudah menemukan tanaman obat di sekitar kita. Bahkan kita dapat menanamnya sendiri di halaman rumah atau di pekarangan rumah kita bila kita mau.

Berikut ini 10 tanaman obat yang direkomendasikan untuk ditanam di halaman atau di lahan kosong milik kita

1. Daun kumis kucing

Daun Kumis Kucing ini dapat dengan mudah ditemukan di sejumlah tempat di Indonesia. Bentuk Daun Kumis Kucing yang cantik juga bisa digunakan untuk memperindah halaman rumah kita.

Manfaat Daun kumis kucing ini untuk mengobati kencing batu dan melancarkan saluran kemih. Selain itu, tanaman ini berkhasiat juga untuk mengobati rematik, asam urat, batuk, diabetes, hingga hipertensi.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat yang populer dan terkenal bermanfaat untuk merawat kecantikan rambut dan kulit, Contohnya untuk menghitamkan rambut, menghilangkan jerawat, hingga menghilangkan bekas luka.

Daging lidah buaya bermanfaat untuk meredakan batuk, mengobati radang tenggorokan, sembelit, atau diabetes.

Tanaman Obat

3. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat, misalnya untuk mengobati gusi berdarah, rematik, gondongan, sariawan, pegal linu, hingga sakit gigi. Buah, batang, dan daun dari belimbing wuluh ini bisa kita gunakan semuanya,  Belimbing wuluh dapat kita jumpai di sekitar kita dengan mudah. Selain untuk obat, belimbing wuluh juga dapat digunakan sebagai pelezat pada masakan.

4. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman  asli dari Indonesia. Penggunaan temulawak sebagai bahan jamu sudah dikenal dari jaman dahulu. Bagian temulawak yang paling sering digunakan adalah akar dan dagingnya.  Temulawak umumnya berbentuk lonjong dan berukuran sedang. Temulawak memiliki khasiat untuk mengobati gangguan ginjal, menjaga kesehatan hati, dan menguatkan jantung.

5. Daun cincau

Kita sering melihat es cincau yang dijajakan di penjual kaki lima. Es Cincau ini dibuat dari daun cincau. Daun cincau dikenal sangat ampuh untuk meredakan panas dalam, pengobatan demam, hingga meredakan radang lambung.

Karena sifatnya yang merambat  daun cincau ini bisa diletakkan di dekat gazebo sebagai dekorasi eksterior yang bermanfaat sekaligus menyejukkan bagi tiang-tiang.


Baca juga  Headband Optivisor Magnifier - Donegan USA

6. Jahe

Jahe memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh pada saat cuaca dingin, mengurangi gejala masuk angin, hingga menyembuhkan batuk. Selain untuk pengobatan  jahe juga digunakan di beberapa hidangan khas Indonesia.
Tanaman Obat

7. Srikaya

Srikaya  memiliki banyak khasiat untuk pengobatan tubuh. Bagian daun, akar, dan kulit Srikaya mengandung berbagai macam zat yang bersifat antiradang dan antidepresi. Beberapa khasiatnya adalah membunuh cacing usus, mempercepat proses penghilangan bisul, dan melancarkan pencernaan.

Demikian 7 Tanaman Obat Yang Sebaiknya Anda Tanam di Rumah, semoga membawa manfaat untuk anda

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *