Awas tabung oksigen anda dapat pecah dan meledak, begini cara merawatnya

Sebelum dijual di pasaran,  tabung oksigen yang dibuat secara massal di pabrik pada dasarnya sudah melewati proses Quality Control  yang ketat. Tentunya ada persyaratan persyaratan teknis yang wajib dipenuhi untuk  membuat tabung oksigen layak dipasarkan. Mungkin ada cacat produk yang berhasil losos, tapi jumlahnya satu banding sekian ribu produk. Jika terjadi kasus tabung oksigen pecah dan meledak, itu lebih banyak disebabkan karena faktor pemakaian dan pemeliharaan tabung oksigen itu sendiri.

tabung oksigen pecah dan meledak
tabung oksigen pecah dan meledak, Photo via Tribunnews

Jika berbicara tabung oksigen medis, kondisi tabung oksigen medis setelah pemakaian bertahun tahun rata rata masih bagus kondisinya dibandingkan dengan tabung oksigen yang dipakai di usaha perikanan. Hal ini disebabkan karena kondisi lingkungan di sekitar tabung oksigen yang sangat lembab dan bahkan body tabung oksigen terkena percikan air secara terus menerus. Jika tidak dirawat dengan baik, tabung oksigen di usaha perikanan hanya dalam hitungan bulan akan mengalami korosi, yang jika dibiarkan akan sangat beresiko untuk tabung oksigen pecah dan meledak. Di bawah ini video bagaimana mengerikannya tabung oksigen pecah dan meledak:

Perawatan Tabung Oksigen

Berikut ini yang dapat anda lakukan untuk merawat tabung oksigen anda:
1. Cek kondisi body tabung anda, apakah terdapat korosi. Jika terdapat korosi segera dibersihkan dan  dicat ulang untuk menghambat korosi agar tidak meluas.
2. Cek kondisi keran, apakah terdapat bekas minyak, gemuk/ grease atau oli, segera bersihkan hingga benar benar steril dari minyak. Saat ada kebocoran oksigen, minyak akan mengeras akibat hembusan oksigen tekanan tinggi  yang bocor. Tekanan oksigen akan menghasilkan percikan api saat bertabrakan dengan minyak yang sudah mengeras sehingga dapat terjadinya kebakaran.
3. Lakukan tes bunyi pada tabung oksigen anda. Jika saat dipukul tabung oksigen anda berbunyi nyaring, maka tabung anda relatif masih layak digunakan. Tapi jika saat dipukul tabung oksigen anda berbunyi mendhem, tidak nyaring maka ada kemungkinan tabung anda mengalami korosi pada bagian dalam tabung, sebaiknya anda mengganti tabung oksigen anda dengan yang baru.

Baca juga  Tempat Isi Ulang Oksigen di Jakarta Timur dan Sekitarnya

Demikian semoga bermanfaat untuk anda.

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *