Tindakan Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata

Cedera mata umumnya terjadi dikarenakan adanya benturan atau masuknya benda asing dan cairan yang mengenai bola mata. Cedera mata ini harus segera mendapatkan penanganan tepat agar tidak berdampak buruk terhadap penglihatan. Jika cedera yang diderita terlihat berat maka jangan mencoba untuk menanganinya sendiri. Sebaiknya Anda segera berobat ke dokter agar mendapatkan penanganan yang memadai.

Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata

Baca juga: Tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Tindakan Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata

1. Mata Memar
Pukulan benda tumpul yang mengenai mata dapat mengakibatkan mata menjadi memar. Pada kelopak mata dan jaringan di sekitarnya akan nampak kebiru-biruan, yang menandakan terjadi perdarahan di bawah jaringan  kulit. Jika pukulan yang mengenai mata lebih keras maka dapat mengakibatkan perdarahan di bagian matanya juga.

Tindakan pertolongan yang dapat anda lakukan
Kompres memar pada mata dengan menggunakan es atau air dingin selama kurang lebih 15 menit setiap sejam sekali. Setelah 24 jam kemudian, kompres diganti menggunakan air hangat untuk memperbaiki aliran darah agar lebih lancar. Sebaiknya penderita tetap beristirahat di tempat tidur.  Apabila mata ikut membengkak, bawa ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

2.  Mata Kelilipan (Ada benda asing masuk ke mata)

Kelilipan dapat diakibatkan oleh benda asing yang berukuran kecil, dan dapat juga disebabkan oleh hewan yang berukuran sangat kecil yang masuk ke mata secara tidak sengaja.

Tindakan Pertolongan Pertama :
Kelilipan dengan kategori yang ringan dapat dibersihkan dengan cara mencuci mata menggunakan boorwater atau air yang bersih. Kelilipan yang tidak terguyur dibersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air bersih terlebih dahulu. Kelilipan yang diakibatkan oleh benda yang tajam harus diambil dengan hati-hati, sebab jika benda asing tersebut tergeser dapat melukai mata.

Baca juga  Berbagai Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Jika kelilipan disebabkan oleh  larutan kapur tembok, maka harus diperlakukan seperti  terkena basa keras. Sesudah kelilipan dibersihkan, mata diobati menggunakan salep atau obat tetes mata yang mengandung antibiotika.

3. Luka di mata
Luka pada mata diakibatkan karena kelilipan benda asing yang tajam atau goresan benda tajam yang dapat melukai mata.

Tindakan Pertolongan Pertama:
Bawa segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Tetap lindungi mata yang cedera menggunakan  kain kasa yang direkatkan di depan mata. Jangan terlalu rapat saat menutup mata yang cedera karena akan berpotensi mempercepat tejadinya infeksi. Bila benda asing yang melukai mata masih menempel di mata, usahakan agar penderita tidak menggerakkan kepala dan matanya. Segera bawa ke rumah sakit dengan menempakan bantal di sisi kiri dan kanan kepala penderita.

Jika luka tersebut disertai perdarahan: penderita diusung ke rumah sakit dengan mata dibalut  dengan menggunakan balutan kasa steril. Usaha menghentikan perdarahan semacam itu adalah lebih penting.

4. Luka pada kelopak mata
Tindakan pertolongan yang dapat anda lakukan: Jika terjadi luka pada kelopak mata segera tutup luka menggunakan kasa steril yang selalu dibasahi dengan air steril, atau air bersih. Dan segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik. Selama dalam perjalanan, mata harus tetap dijaga agar mata tidak kering, dengan mempergunakan air atau obat tetes mata

5. Cedera mata karena tersiram zat kimia
Mata ketika tersiram asam keras akan mengakibatkan terbakarnya selaput lendir pada mata, tetapi jika mata tersiram basa keras akan berakibat kerusakan pada mata yang lebih dalam.

Tindakan Pertolongan Pertama:
Jika mata tersiram oleh asam keras: Segera guyur menggunakan larutan soda 5%, atau menggunakan air bersih. Mata dialiri air bersih terus menerus selama 15-30 menit secara terus-menerus, dan harus terkena pada bagian  yang berada di balik kelopak mata.

Baca juga  Manfaat Hebat Senam Aerobik Untuk Kesehatan

Tersiram basa keras:
Ketika tersiram basa keras, seluruh bagian muka dan mata korban dibasuh dengan larutan cuka encer dengan komposisi 1 bagian cuka dapur dicampur dengan 1 bagian air selama 30-45 menit terus-menerus, dan harus terkena pada bagian yang terlindungi oleh kelopak mata. Selama dialiri cuka encer penderita agar menggerakan bola matanya.

6. Terkena efek cahaya las
Ketika melakukan pengelasan terkadang para pekerja las merasa enggan untuk menggunakan topeng las untuk melindungi matanya dari bahaya cahaya las, padahal cahaya yang ditimbulkan dari percik api las dapat membahayakan mata. Mata akan terasa silau, gatal dan berair, serta mata terasa ada pasri yang mengganjal di kelopak mata penderita.

Tindakan Pertolongan Pertama:
Tetesi mata dengan obat tetes mata, dan kompres es untuk mengurangi rasa sakit pada mata. Dapat juga meminum obat pereda nyeri.

Demikian Tindakan Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata yang dapat anda terapkan pada saat berhadapan dengan kejadian yang mengakibatkan cedera pada mata. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi:
Pertolongan Pertama, dr. Kartono Mohamad, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, 2005

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *