Cara Pertolongan Pada Keracunan Jengkol

Cara Pertolongan Pada Keracunan Jengkol

Jengkol merupakan buah buahan polong yang digemari oleh sebagian masyarakat kita. Jengkol dapat diolah menjadi berbagai menu hidangan masakan yang disukai sebagian orang. Namun dibalik kelezatannya, jengkol ternyata dapat memicu terjadinya keracunan.

Keracunan jengkol dapat terjadi sebagai akibat terbentuknya kristal asam jengkol di dalam saluran kencing. Ada beberapa penyebab yang diduga mempengaruhi timbulnya keracunan jengkol, antara lain: porsi jengkol yang dikonsumsi, cara mengolah dan menghidangkan, dan makanan penyerta lainnya.

keracunan jengkol

Cara penyajian yang dapat mengurangi kandungan kadar asam jengkol antara lain: jengkol ditanam sebelum dimasak, dibakar dahulu sebelum disajikan atau diolah menjadi olahan keripik jengkol. Kemudian tentang makanan penyerta, makanan yang masam yang dikonsumsi bersamaan dengan jengkol dapat mempercepat terjadinya kristal.

Keracunan jengkol memiliki gejala gejala antara lain sebagai berikut:

  • Sakit pinggang yang disertai dengan sakit perut
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Kristal  asam jengkol yang berwarna putih nampak keluar bersama air seni.

Kadang-kadang juga disertai darah. Nafas, mulut dan air kencing penderita keracunan juga berbau jengkol. Pada kasus keracunan jengkol yang lebih berat dapat menyebabkan berkurangnya air seni atau tidak dapat kencing sama sekali.

Ketika terjadi keracunan jengkol, maka tindakan pertolongan yang dapat anda lakukan adalah;

  • Pada kasus keracunan yang sifatnya ringan, penderita diberikan minum air soda sebanyak-banyaknya. Obat-obat pereda rasa sakit bisa diberikan untuk mengurangi sakitnya.
  • Pada kasus keracunan yang lebih berat, maka penderita harus mendapatkan penanganan intensif dan dirawat di rumah sakit.

Demikian Cara Pertolongan Pada Keracunan Jengkol yang sebaiknya anda ketahui, saemoga bermanfaat

Baca juga  Mengintip Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *