Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Trimester Pertama Kehamilan

Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Trimester Pertama Kehamilan

Mual dan muntah yang biasa disebut morning sickness merupakan salah satu tanda tanda pada kehamilan. Morning sickness umumnya terjadi pada 3 bulan awal kehamilan atau trimester pertama kehamilan. Mual muntah yang dirasakan sendiri berbeda pada setiap ibu hamil. Ada yang timbul kadang-kadang saja, ada yang relatif sering, dan ada pula yang mual muntah setiap saat. Tentu saja yang terakhir ini sangat tidak nyaman.

Morning sickness itu merupakan problem kasuistik. Tiap orang mengalaminya berbeda-beda. Namun ada beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan  untuk mengatasi mual muntah, terutama kaitannya dengan kesehatan, sebab yang namanya muntah pasti mengeluarkan makanan. Padahal wanita hamil sangat memerlukan makanan untuk perkembangan janinnya

Sering-sering makan, walaupun sedikit
Saat mengalami morning sickness, anda tidak dianjurkan untuk makan dalam jumlah porsi yang besar sebab hal tersebut hanya akan membuat anda bertambah mual. Anda boleh makan setiap ada kesempatan, walaupun hanya sedikit. Jadi jika Anda muntah, perut anda tidak kosong. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Kandungan karbohidrat dan protein dapat  mengatasi rasa mual anda. Contoh makanan karbohidrat misalnya kentang, jagung, roti, sedangkan makanan yang mengandung protein terdapat pada buah dan sayuran.

Saat anda bangun di pagi hari usahakan untuk tidak langsung duduk. Santai sejenak, kemudian duduk sesaat lalu bangun berdiri. Hal ini supaya tubuh dalam kondisi nyaman.

Anda dapat mencoba memulai menghindari makanan berlemak atau berminyak dan pedas. Bagi yang suka gorengan, mulai dikurangi. Makanan berminyak akan menambah rasa mual di perut Anda. Untuk menghindari dehidrasi akibat muntah, Anda disarankan mengkonsumsi air putih yang banyak. Lebih baik lagi jika rajin minum juice, seperti juice tomat, mangga, atau jeruk yang banyak mengandung antioksidan. kandungan antioksidannya bagus untuk perkembangan janin. Hindari untuk mengkonsumsi minuman berkafein, seperti kopi. Kopi diperbolehkan tapi sebaiknya jangan terlalu sering.

Baca juga  Cara Jitu Mengatasi Keputihan yang Mengganggu

Anda mungkin akan mendapatkan obat anti mual dari dokter atau bidan anda. Anda dapat meminumnya, untuk membantu mencegah mual muntah. Namun, ada beberapa ibu hamil yang merasa jenuh minum obat. Sebagai gantinya Anda bisa mencoba membeli vitamin khusus untuk ibu hamil. Di apotik banyak dijual vitamin khusus ibu hamil. Anda dapat  mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter atau bidan Anda. Bila kondisi mual muntah semakin memburuk  segera periksa ke dokter.

Anda dapat mengkonsumsi vitamin B 6, karena efektif untuk mengurangi rasa mual. Namun konsultasikan dahulu dengan dokter untuk pemakaiannya. Sebagai alternatif lain, Anda bisa mencoba menggunakan resep tradisinnal para orangtua dan nenek kita, yaitu mengkonsumsi jahe. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jahe bisa untuk rnengatasi mual muntah pada ibu hamil. Pemakaiannya sederhana, dengan membuat minuman jahe atau mengunyahnya dalam bentuk permen jahe.

Dan yang terakhir, nikmati masa kehamilan Anda. Anda dapat bersantai dan relax. Bila Anda mengalami stres, maka akan semakin memburuk kondisi Anda. Istirahatlah dengan cukup. Anda dapat mengisi waktu dengan mendengarkan musik, membaca buku tentang bayi, membaca majalah kehamilan, dan bisa juga mengisi hari-hari Anda dengan memperbanyak ibadah.

Anda dapat mengembangkan tips di atas dan menyesuaikan dengan kenyamanan Anda. Beraktifitas ringan mungkin justru bisa mengurangi mual muntah, seperti menyiapkan baju-baju bayi, merancang kamar bayi, dan sebagainya

Jika Anda mengalami mual muntah yang hebat dalam waktu yang cukup lama, segera hubungi dokter. anda bisa meminum air banyak banyak agar tidak mengalami dehidrasi atau  kekurangan cairan.

Anda tidak perlu menjadikan mual muntah ini sebagai beban yang terlalu berat, sehingga menyita pikiran Anda. Mual muntah merupakan gejala alamiah bagi ibu hamil dan akan segera berlalu, tanpa Anda sadari, seiring pertumbuhan kehamilan Anda. Anda dapat membayangkan kebahagiaan menimang bayi Anda dan pasangan, anugerah terindah dari Tuhan.

Baca juga  Sakit Pinggang Saat Hamil, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Demikian Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Trimester Pertama Kehamilan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *