Bagaimana Lalat Rumah Dapat Menularkan Penyakit?

Kita mengenal lalat sebagai hewan yang jorok. Lalat bisa hinggap di manapun dia suka, termasuk hinggap di kotoran sekalipun, sebelum dia menghinggapi makanan kita, sehingga dapat kita katakan bahwa lalat merupakan hewan yang paling sering menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia.

lalat rumah dapat menyebabkan penyakit

Lalat rumah, yang dalam bahasa latin musca domestica, merupakan salah satu jenis serangga yang paling umum dijumpai. Hewan bertubuh abu abu, berbulu, dan memiliki mata kemerah merahan yang besar. Lalat memiliki mulut yang tidak bisa menggigit, tapi memiliki penghisap.

Ketika makan, lalat akan meludahi dan membubuhi makanannya terlebih dahulu dengan cairan pencernaan, sebelum dia menghisapnya kembali makanan tersebut. Jadi silahkan Anda bayangkan makanan apa yang akan Anda makan setelah dihinggapi lalat. Dengan cara makan yang aneh ini, lalat dapat mencemari banyak makanan. Lalat rumah dapat menularkan penyakit dengan berperan sebagai carrier, dengan membawa wabah penyakit yang mematikan  dan mengakibatkan banyak kasus kematian pada manusia setiap tahunnya.

Selain mencemari makanan dengan cairan pencernaannya, lalat ketika hinggap pada makanan dia akan  menggesek gesekkan kakinya untuk membersihkan diri. Lalat memiliki bulu bulu halus di seluruh tubuhnya, sehingga dalam proses menggesekkan itu, lalat akan menjatuhkan apapun yang terdapat pada bulu bulu di sekujur tubuhnya. Karena hal tersebut, lalat merupakan hewan yang berbahaya pada wilayah yang kondisi kebersihannya kurang terjaga.

Seekor lalat betina mampu bertelur hingga sebanyak 100 butir telur dalam sekali bertelur, dan hingga 1000 butir di sepanjang hidupnya.  Waktu yang diperlukan telur lalat untuk bisa menetas dalam waktu 12 hingga 13 jam. Dalam hitungan hari anak anak lalat berubah menjadi dewasa, dan siklus kehidupan lalat akan berulang kembali.  Umumnya lalat rumah dapat bertahan hidup hingga 30 hari dalam kondisi cuaca yang panas, dan bisa berumur lebih panjang lagi bila cuaca tidak terlalu panas. Pada kondisi cuaca dingin dapat membunuh lalat dewasa, tapi umumnya larva lalat dan anak lalat dapat bertahan hidup.

Baca juga  Penanganan Sederhana Mengatasi Demam Pada Anak

Lalu bagaimana caranya untuk mencegah datangnya lalat? Kita dapat menjaga kebersihan di dalam rumah, jangan biarkan sampah menumpuk. Anda juga dapat memasang lem lalat apabila merasa risih dan terganggu dengan hadirnya lalat.

Baca juga
Faktor Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Buta Warna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *