Apakah Senam Dapat Membuat Anak Menjadi Pendek?

Pertanyaan:
Apakah Senam Dapat Membuat Anak Menjadi Pendek?

Fakta:
Anggapan yang menyatakan bahwa senam akan membuat anak lebih pendek benar adanya. Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa, olahraga senam yang jika dilakukan dengan berlebihan, seperti halnya yang dilakukan oleh atlet senam, akan dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan anak. Hal ini terjadi karena latihan senam yang dilakukan terlampau berat akan menekan poros pusat pengaturan hormon pertumbuhan anak. Nah, apabila pusat hormon pertumbuhan terganggu, maka pertumbuhan tinggi badan anak pun menjadi ikut terganggu

Apakah Olahraga Renang dan Basket Bisa Menambah Tinggi Badan Anak?

Olahraga Renang dan Basket tidak akan dapat menambah tinggi badan anak. Anak akan tumbuh sesuai dengan target tingginya. Jika target tingginya memang pendek maka tubuh anak akan tetap pendek. Olahraga lebih berfungsi untuk membuat tubuh lebih bugar.

Kekurangan Kalsium Dalam Tubuh Akan Menyebabkan Anak Pendek?

Kurangnya kandungan kalsium dalam tubuh dapat mengakibatkan gangguan pada tulang sehingga anak tidak dapat tumbuh dengan baik dan memiliki perawakan yang pendek. Hanya saja, faktor ini merupakan parameter yang kecil sekali jika dibandingkan dengan pengaruh faktor lain, seperti genetik, hormon, gizi sehari hari dan lingkungan. Lagi pula kekurangan kalsium tidak akan terjadi apabila tidak ada gangguan dalam tubuh. Misal disebabkan menurunnya fungsi ginjal yang dapat mengakibatkan proses penyerapan kalsium oleh tubuh menjadi terganggu.

Apakah Stress dan Gangguan Penyakit Kronis Dapat Mempengaruhi Tinggi Badan Anak?

Ketika anak mengalami stress maka dapat menekan pengeluaran hormon pertumbuhan. Akibatnya, pertumbuhan anak akan terganggu. Di samping itu, penyakit yang kronis seperti asma juga dapat mengganggu pertumbuhan anak. Pada saat asma yang diderita anak itu kambuh, maka anak tidak akan dapat tidur nyenyak dan kurang istirahat. Padahal hormon pertumbuhan akan keluar optimal ketika anak anak mendapatkan istirahat yang mencukupi.

Baca juga  Anak Sering Sakit karena Hendak Bertambah Pintar, Mitos atau Fakta?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *