Benarkah Bedong Bayi Membuat Kaki Bayi Tidak Bengkok?

Menurut kepercayaan masyarakat, pemakaian bedong bayi selain ampuh untuk meluruskan kaki bayi yang bengkok juga membuat bayi lebih tahan terhadap masuk angin, bisa tidur lebih nyenyak dan tidak mudah kaget. Apalagi jika balutan bedongnya dibuat sekuat mungkin.

Faktanya, antara kaki bengkok dan pemakaian bedong bayi tidak memiliki hubungan sama sekali. Semua kaki bayi memang bengkok, namun dengan semakin kuatnya tulang anak dan semakin besarnya keinginan untuk dapat berjalan, kaki anak akan lurus dengan sendirinya. Dan memang seperti itu perkembangan fisiologis kaki dari fase bayi menuju fase anak.

Demikian juga dengan adanya anggapan bahwa dengan dibedong anak menjadi tidak kagetan, hal ini adalah tidak benar. Pada saat bayi kaget yang terjadi kemudian adalah terjadi reflek moro dan hal tersebut adalah wajar. Jadi walaupun bayi dibedong reflek moro akan tetap terjadi, hanya saja reflek moro ini tidak terlihat karena tertahan oleh bedong bayi.

Nah jika kemudian bedong bayi dianggap mampu untuk mencegah masuk angin dan agar bayi dapat tidur lebih nyenyak maka hal tersebut adalah benar adanya. Pada saat dibedong, bayi seperti mendapatkan pelukan, merasa nyaman dan hangat. Sepanjang bedong dipasang longgar maka tidak akan menjadi masalah. Namun jika membedongnya terlalu kuat, maka dapat menghambat gerakan bayi, dan membuatnya susah bernapas karena tertekan oleh balutan bedong.

Baca juga:
Bagaimana Lalat Rumah Dapat Menularkan Penyakit?

Baca juga  Apakah Senam Dapat Membuat Anak Menjadi Pendek?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *