Kembali ke Rutinitas, Ini  Tips Menghilangkan Lelah Dan Pegal

Lebaran Idul Fitri telah berlalu, demikian juga dengan euforia mudik. Setelah berkeliling untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan kawan kawan di kampung halaman, kini saatnya untuk kembali pada rutinitas pekerjaan sebelumnya karena libur telah usai

Setelah Anda melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan kini kembali duduk di belakang kemudi untuk perjalanan balik, biasanya kerap terjebak kemacetan lalu lintas. Tentunya setelah berjam jam duduk di bangku kemudi kendaraan sambil menekan pedal kopling, rem dan pedal gas, bisa mengakibatkan seseorang mengalami nyeri otot dan pegal.

Bagi para penumpang pun apabila terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak berubah, tentunya akan merasakan pegal dan lelah. Nah, jika gejala ini telah datang, tentunya perjalanan Anda menjadi tidak akan menyenangkan.

Walaupun demikian, Anda tidak perlu untuk khawatir, semua pasti memiliki cara untuk mengatasinya. Melihat fenomena arus mudik dan arus balik yang selalu dihiasi dengan kemacetan, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Angelica Anggunadi, Sp.KO pun berbagi beberapa tips untuk menghilangkan lelah dan pegal saat mudik dan balik.

1.Lakukan pijatan di area yang pegal

Sentuhan dan tekanan yang dalam pada saat tubuh dipijat dapat membantu untuk mengurangi sensasi rasa nyeri dan pegal pada otot. Hal ini dapat terjadi karena tekanan dari pemijatan akan merangsang sensor mekanik yang ada di otot dan kemudian akan memicu refleks otot untuk merelaksasikan dirinya sehingga tidak tegang lagi.

Pemijatan pun dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, tentunya hal ini  sangat berguna untuk mengatasi rasa pegal yang terjadi karena peredaran darah yang kurang lancar. Otot akan menjadi lebih lentur dan rasa pegal pun akan berkurang.

Baca juga  Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Buah Hati Anda

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pemijatan dapat mengaktifkan gen yang bekerja untuk mengurangi peradangan otot, namun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan besarnya efek tersebut.

2.Meregangkan otot setiap 2 jam sekali

Peregangan yang dilakukan dengan baik dapat membuat otot yang kaku menjadi lentur kembali. Dengan menggerakkan otot otot yang kaku sambil melakukan gerakan-gerakan peregangan akan dapat memperlancar peredaran darah yang menghilangkan rasa kaku pada otot.

Ada beberapa gerakan-gerakan yang sederhana dan dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga pada saat di perjalanan mudik. Yang perlu Anda ingat adalah sangat dianjukan untuk melakukan peregangan anggota badan setiap 2 jam sekali untuk mengurangi fatigue selama perjalanan. Anda dapat berhenti di rest area untuk mengistirahatkan anggota tubuh Anda sambal melakukan gerakan peregangan.

3.Memberikan sensasi panas pada bagian tubuh yang pegal

Anda dapat memberikan sensasi panas yang dapat membantu menghilangkan lelah dan pegal pada otot. Saat perjalanan mudik atau balik, Misalnya dengan menggunakan koyo. Saat ditempelkan pada anggota badan yang pegal, koyo akan memberikan sensasi panas pada bagian tersebut sehingga aliran darah pada bagian tersebut meningkat dan juga mengurangi rasa nyeri serta pegal. Selain dalam bentuk stiker yang dapat ditempelkan, koyo juga dapat berbentuk gel atau krim yang dioleskan atau berbentuk spray can, yang dapat disemprotkan pada anggota tubuh yang terasa pegal.

Pada umumnya koyo juga memiliki kandungan zat yang memiliki sifat anti-radang (metil salisilat) yang membuatnya efektif dalam mengurangi rasa nyeri pada otot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *