Mengenali Penyebab Batuk Pada Anak

Ada banyak hal yang dapat memicu timbulnya batuk pada anak anak, namun umumnya batuk disebabkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak anak.  Untuk itu mari kita bahas makanan atau minuman apa saja yang menjadi penyebab batuk pada anak anak.

  1. Es Krim

    Pada cuaca yang ekstrem, es krim merupakan penyebab batuk pada anak. Anak anak sangat menyukai es krim, sehingga anak anak akan mengkonsumsinya tanpa melihat kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, karenanya banyak para orang tua yang melarang anak anaknya mengkonsumsi es krim karena khawatir anak menjadi batuk, terlebih ketika daya tahan tubuh anak tersebut sedang kurang baik. Bagaimanapun es krim kurang baik dikonsumsi ketika daya tahan anak sedang tidak bagus dan bahkan dapat membuat kondisi tubuh anak semakin parah.

    Dari tinjauan medis, sesungguhnya tidak ada hubungan  antara flu dengan makan es krim, sejauh kandungan dalam es krim tersebut dapat memberikan manfaat  bagi tubuh anak. Terlebih es krim terbuat dari susu dan memiliki kandungan kalsium yang dibutuhkan tubuh anak untuk pertumbuhan tulangnya. Hanya saja, es krim yang diproduksi massal  di pabrik harus dengan standar produksi yang higienis karena erat hubungannya dengan sistem pencernaan anak ketika dikonsumsi nantinya. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka kemungkinan akan terjadi gangguan pada sistem pencernaan serta mengganggu fungsi organ tubuh yang lainnya.

    Walaupun es krim tidak membahayakan ketika dikonsumsi untuk anak, sebaiknya kita agar lebih berhati hati, caranya adalah dengan tidak membiasakan anak untuk mengkonsumsi es dalam bentuk apapun juga, kecuali hanya untuk sesekali. Jangan biarkan anak anak menjadi kecanduan untuk mengkonsumsi es krim.

    penyebab batuk pada anak

  2. Makanan Berminyak

    Beberapa jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak juga menjadi media yang dapat memicu timbulnya batuk. Begitu pula dengan makanan makanan lain yang dapat memperparah batuk, seperti petai atau jengkol.

    Selain dari 2 hal yang menjadi penyebab di atas, timbulnya batuk pada anak juga dapat disebabkan oleh faktor faktor berikut ini:

    Alergi
    Batuk kerap menyerang anak yang memiliki alergi terhadap sesuatu, baik terhadap makanan, minuman, debu, kapuk, asap atau bulu hewan peliharaan yang tidak sengaja terhirup dan menimbulkan alergi. Batuk yang disebabkan oleh alergi biasanya hanya berlangsung selama 2-3 hari. Batuk yang dikarenakan alergi biasanya juga diikuti oleh tenggorokan yang gatal, sakit tenggorokan, pilek dan gatal gatal pada kulit.

    – Infeksi
    Infeksi yang disebabkan bakteri atau virus juga dapat menyebabkan batuk. Ketika terserang batuk yang diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri, anak cenderung erasa letih, ngilu dan demam.

    – Asma
    Batuk karena asma terjadi akibat adanya radang atau penyempitan pada saluran pernapasan. Untuk mencegahnya, kita dapat menjauhkan diri dari hal hal yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan, termasuk batuk.

    – Infeksi pada saluran pernapasan
    Adanya infeksi yang timbul pada saluran pernapasan dapat menyebabkan anak terserang batuk. Infeksi ini timbul akibat adanya perlawanan dari sistem pertahanan tubuh terhadap benda benda asing yang masuk.

    – Kurang beristirahat
    Kurang beristirahat dapat membawa dampak buruk pada sistem kekebalan tubuh, dan akibatnya mudah terserang virus, sehingga mudah terserang penyakit, termasuk batuk.

    Paparan asap rokok, dan lain sebagainya.

    Dengan mengenali penyebab batuk pada anak, kita dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengatasi batuk pada anak.

    Baca juga:
    Cara Mengobati Batuk pada Anak
    Penyebab Batuk Pada Ibu Hamil

Baca juga  Serba Serbi Penyakit Mata Bintitan/ Hordeolum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *