Pemantauan Dosis Radiasi Pengion

Pemantauan Dosis Radiasi Pengion

Keselamatan radiasi dimaksudkan sebagai usaha untuk melindungi seseorang, keturunannya dan juga anggota masyarakat secara keseluruhan terhadap kemungkinan terjadinya akibat biologi yang merugikan dari radiasi.

Tujuan keselamatan radiasi adalah:
1. Membatasi peluang terjadinya akibat stokastik atau resiko akibat pemakaian radiasi, yang dapat diterima oleh masyarakat.
2. Membatasi terjadinya akibat non-stokastik dari radiasi yang membahayakan seseorang

Penerapan prinsip dasar keselamatan radiasi perlu ditetapkan nilai batas dosis dengan sistem pembatasan dosis sebagai berikut:
1. Setiap pemanfaatan sumber radiasi hanya didasarkan pada asas manfaat dan harus lebih dulu memperoleh persetujuan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir. (BAPETEN)
2. Penyinaran yang berdasarkan dari pemanfaatan sumber radiasi harus diusahakan serendah-rendahnya, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi dan sosial.
3. Dosis yang diterima oleh seseorang tidak boleh melampaui Nilai Batas Dosis yang ditetapkan dalam ketentuan yang berlaku.

Pemantauan

Untuk mengetahui pemenuhan ketentuan keselamatan kerja radiasi dan dosis yang diterima oleh pekerja maka pemantauan dosis radiasi harus dilakukan secara terus menerus dengan cara sebagai berikut:
1. Pemantauan perorangan dengan jalan memantau radiasi external, dengan menggunakan dosimeter saku, film badge dan atau TLD.
2. Pemantauan daerah kerja, termasuk penentuan tingkat radiasi dengan cara pengukuran, dengan menggunakan alat ukur radiasi.

Pengawasan Dosis Radiasi Sebelum Masa Kerja

Diharuskan tersedianya catatan dosis radiasi yang pernah diterima oleh calon pekerja radiasi.

Pengawasan Dosis Radiasi Selama Kerja

Petugas proteksi radiasi berkewajiban melakukan pengukuran dosis radiasi terus menerus selama masa kerja dan apabila seseorang mencapai Nilai Batas Dosis yang telah ditentukan maka petugas segera menyelidiki sebab-sebabnya serta melakukan tindakan koreksi untuk itu petugas berkewajiban juga mencatat dosis radiasi yang diterima setiap bulannya oleh pekerja radiasi.

Baca juga  Undur-Undur, Obat Alternatif Diabetes

Pengawasan Dosis Radiasi Setelah Masa Kerja

Jika petugas radiasi memutuskan hubungan kerja atau pindah ke bagian lain maka berhak memperoleh catatan dosis radiasi yang pernah diterima selama bekerja sebagai pekerja radiasi

Pencatatan Dosis Radiasi

Keterangan berikut ini harus disimpan dalam arsip oleh petugas Proteksi Radiasi untuk jangka waktu paling sedikit 30 tahun.
1. Hasil pemonitoran radiasi daerah kerja yang digunakan untuk menentukan dosis perorangan.
2. Catatan dosis radiasi perorangan
3. Dalam hal penyinaran akibat kecelakaan atau keadaan darurat, laporan mengenai keadaan kecelakaan tersebut dan tindakan yang diambil.

Kartu Dosis

Setiap pekerja radiasi harus memilki kartu dosis masing-masing yang berisi data dosis yang diterima selama bekerja di medan radiasi.

 

Baca juga: Petugas Proteksi Radiasi, Fungsi dan Kewenangan

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *