Petugas Proteksi Radiasi, Fungsi dan Kewenangan

Petugas Proteksi Radiasi, Fungsi dan Kewenangan

Pada pembahasan kali ini admin akan mengangkat tema seputar pemanfaatan teknologi X ray/ alat radiasi pengion untuk kesehatan berkaitan dengan fungsi dan kewenangan Petugas Proteksi Radiasi. Sebelum membahas fungsi dan tugas  Petugas Proteksi Radiasi, kita bahas terlebih dahulu tentang pemanfaatan teknologi X ray/ alat radiasi pengion untuk kesehatan.

 

Pemanfaatan X Ray/ alat radiasi pengion untuk kesehatan

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari teknologi X ray untuk kesehatan, seperti misalnya untuk pemeriksaan mammography, untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker payudara,  untuk foto rontgen, pemeriksaan gigi, dan sebagainya.

Penggunaan X ray untuk kesehatan (dan juga untuk industri) telah diatur dan diawasi secara ketat oleh suatu lembaga yang khusus menangani pengawasan pemanfaatan alat radiasi pengion yaitu BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) dengan berbagai regulasi yang harus dipatuhi oleh pihak pihak yang terkait, dalam hal ini perusahaan pengimpor alat radiasi pengion, maupun pengguna alat tersebut.

Dari sisi perusahaan pengimpor, harus menyiapkan Petugas Proteksi Radiasi sesuai dengan peruntukannya. Jika alat radiasi pengion yang akan diimpor untuk kesehatan maka Petugas Proteksi Radiasi juga harus yang berkualifikasi medis (PPR Medis). Begitu juga bila alat radiasi pengion yang hendak diimpor digunakan untuk industri, maka harus disiapkan Petugas Proteksi Radiasi Industri (PPR Industri).

Petugas Proteksi Radiasi

Petugas Proteksi Radiasi adalah petugas yang ditunjuk pleh Pengusaha Instalasi Nuklir atau instalasi lainnya yang memanfaatkan radiasi pengion, yang dinyatakan mampu oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir  untuk melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan persoalan proteksi radiasi

Berikut ini kewenangan Petugas Proteksi Radiasi:

  1. Memberikan instruksi teknis dan administratif secara lisan atau tertulis kepada pekerja radiasi tentang keselamatan kerja radiasi yang baik. Instruksi harus mudah dimengerti dan dapat dilaksanakan
  2. Mengambil tindakan untuk menjamin agar tingkat penyinaran serendah mungkin dan tidak akan pernah mencapai batas tertinggi yang berlaku.
  3. Mencegah dilakukannya perubahan terhadap segala sesuatu sehingga dapat menimbulkan kecelakaan radiasi.
  4. Mencegah sumber radiasi jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.
  5. Mencegah orang yang tidak berkepentingan ke daerah pengendalian.
  6. Menyelenggarakan dokumentasi yang berhubungan dengan Proteksi Radiasi.
  7. Menyarankan pemeriksaan kesehatan terhadap pekerja radiasi apabila diperlukan dan melaksanakan pemonitoran radiasi dan tindakan proteksi radiasi
  8. Memberikan penjelasan serta penyediaan perlengkapan Proteksi Radiasi yang memadai kepada pengunjung atau tamu apabila diperlukan.
Baca juga  Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Bayi Kembung

Pekerja Radiasi

Adalah petugas yang ditunjuk oleh Pengusaha Instalasi untuk membantu Petugas Proteksi radiasi dalam melaksanakan pekerjaan instalasi dan pemeliharaan pesawat sinar-X.

Seorang pekerja radiasi ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan radiasi di daerah kerjanya, dengan demikian ia mempunyai kewajiban sebagai berikut:
1. Mengetahui, memahami dan melaksankan semua ketentuan keselamatan kerja radiasi
2. Memanfaatkan sebaik-baiknya semua peralatan keselamatan radiasi yang tersedia, bertindak hati-hati, serta bekerja dengan aman untuk melindungi dirinya maupun pekerja lainnya.
3. Melaporkan setiap kejadian kecelakaan bagaimanapun kecilnya kepada Petugas Proteksi Radiasi.
4. Melaporkan setiap gangguan kesehatan yang dirasakan, yang diduga akibat penyinaran lebih atau masuknya zat radioaktif kedalam tubuh.

Demikian pembahasan terkait Petugas Proteksi Radiasi, Fungsi dan Kewenangan, admin akan membahas Pemantauan Dosis Radiasi pada artikel selanjutnya.

Terima kasih

 

Baca juga:
Standar Operasional Prosedur Defibrilator Mindray Beneheart D3

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *