Manfaat dan Resiko Terapi Hiperbarik Untuk Manusia

Pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang Manfaat dan Resiko Terapi Hiperbarik Untuk Manusia. Terapi hiperbarik merupakan suatu cara/ teknik pengobatan dengan cara menghirup oksigen dengan tingkat kemurnian 100%, di dalam ruangan udara bertekanan tinggi, dengan tekanan lebih dari 1 atmosfer absolute. Terapi hiperbarik sesungguhnya bukan suatu hal yang baru dalam dunia kedokteran. Terapi hiperbarik mulai dipraktekkan di dunia lebih dari 80 tahun lalu.  Apa sebenarnya fungsi terapi hiperbarik dan amankah bagi manusia?

manfaat terapi hiperbarik
Terapi hiperbarik pada kapsul hiperbaric chamber

Baca juga: Penyebab dan Cara Pencegahan Caries, Biang Gigi Berlubang

Mengapa terapi oksigen dibutuhkan?

Jaringan tubuh membutuhkan pasokan oksigen yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik. Dengan adanya peningkatan oksigen dalam darah, akan mengembalikan tingkat normal gas dalam darah dan fungsi jaringan, untuk mempercepat penyembuhan serta melawan infeksi.

Metode pengobatan ini mulai dikenal di dunia kedokteran sejak tahun 1930 an di Inggris. Awalnya terapi ini digunakan untuk mengobati penyakit dekompresi akibat penyelaman. Terapi hiperbarik mengurangi resiko pengurangan tekanan udara yang terjadi akibat gelembung gas nitrogen, yang mulai terbentuk di paru-paru dan aliran darah ketika penyelam naik ke permukaan air. Dalam perkembangannya, terapi oksigen hiperbarik digunakan sebagai terapi tambahan pada sejumlah penyakit klinis maupun meningkatkan kebugaran.

 

Resiko terapi hiperbarik

Meski terapi hiperbarik dinilai cukup aman, terapi ini juga bukan tanpa resiko. Selain dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh, ruangan juga rentan terhadap kecelakaan. Seperti yang kita ketahui, oksigen murni dapat menyebabkan kebakaran, jika ada percikan atau api yang membakar sumber bahan bakar. Karena itu berbagai benda benda yang dapat memicu timbulnya bahaya kebakaran seperti korek api, atau perangkat bertenaga baterai, harus dihindari di ruang terapi oksigen hiperbarik.

Baca juga  5 Cara membersihkan luka yang benar

Demikian pembahasan tentang Manfaat dan Resiko Terapi Hiperbarik Untuk Manusia, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan untuk Anda.

 

Baca juga: Terapi hiperbarik, terapi oksigen untuk para penyelam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *