5 Langkah Perbaikan Agar Pencernaan Berjalan lancar

Makanan dan Sistem Pencernaan

Setiap orang punya pendapat sendiri-sendiri mengenai makanan. Bagi beberapa orang, makanan adalah bahan bakar. sebagian yang lain menganggap makanan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Dan bagi sebagian besar orang, makanan adalah kombinasi keduanya-tetapi dalam beberapa kasus, kita cenderung berhenti memikirkan hal itu pada saat gigitan terakhir makanan memasuki mulut dan kerongkongan.

Agar Pencernaan Berjalan lancar

 

Baca juga: Serba serbi sembelit susah buang air besar

Saluran pencernaan mungkin tampak hanya seperti sebuah terowongan tempat kita menuangkan makanan yang belum dicerna dan membuang sisa makanan. Banyak orang terkejut saat mengetahui bahwa apa yang terjadi di tengah-tengah proses ini sangat penting untuk kesehatan, bahkan untuk daya tahan seluruh tubuh.

Sebagian besar sistem kekebalan tubuh kita berlokasi di saluran usus. Pola makan kita berkaitan erat dengan ketahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit, kadar energi, kekenyalan kulit bahkan dengan kecepatan penuaan tubuh kita. Kebiasaan makan vang menekankan makanan bergizi tinggi memiliki dampak yang sangat besar dan menyebar ke seluruh sistem tubuh.

5 Langkah Perbaikan Agar Pencernaan Berjalan lancar

Anda dapat melakukan 5 langkah ini agar Pencernaan Berjalan lancar,

1. Minum banyak air putih
Minum air putih sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi ketika tubuh kekurangan cairan. Selain itu minum air putih juga dapat menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.

2. Konsumsi berbagai makanan kaya serat, termasuk buah-buahan dan sayuran organik.
Dengan mengkonsumsi makanan kaya serat maka akan memperlancar pencernaan Anda. Manfaat lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolestrol, mengontrol kadar gula darah dalam tubuh Anda serta membantu Anda mencapai berat badan yang ideal karena sifat serat yang mampu mempertahankan rasa kenyang Anda lebih lama.

Baca juga  HFIS, Layanan BPJS untuk mempermudah Fasilitas Kesehatan memproses kerja sama dengan BPJS Kesehatan

3 Berjalan kaki setiap hari.
Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari berjalan kaki secara rutin setiap hari selain memperlancar pencernaan, antara lain; memperbaiki postur tubuh, menurunkan berat badan, mengurangi gejala varises, menurunkan resiko penyakit kronis dan sebagainya.

4. Penuhi kebutuhan saluran pencernaan Anda atas bakteri “baik” dengan mengonsumsi makanan fermentasi dan suplemen probiotik.
Anda dapat menjumpai bakteri baik ini pada yogurt dengan kultur hidup, Tempe, miso dari fermentasi kacang, atau kecap asin fermentasil dan sebagainya.

5. Hindari bakteri patogen: Masak daging dan telur hingga matang, jaga agar dapur selalu bersih, dan waspadalah terhadap pembusukan makanan.

Demikin pembahasan 5 Langkah Perbaikan Agar Pencernaan Berjalan lancar, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *