Berbagai Gejala Batuk dan Yang Harus Anda Lakukan

Batuk pada dasarnya bukanlah suatu penyakit, namun batuk memberi pertanda bahwa tubuh Anda sedang diserang oleh penyakit atau masalah kesehatan lain yang lebih serius, misalnya asma. Berikut ini merupakan gejala gejala pada batuk yang umumnya dialami.

gejala batuk

Ketika Anda mengalami gejala batuk dengan nyeri di tenggorokan, maka kemungkinan terjadi Sekret pascanasal. Maka yang harus Anda lakukan adalah segera menghubungi dokter Anda, jika sampai timbul demam, jika lendir yang dikeluarkan saat batuk berbau busuk, atau jika gejala ini bertahan selama lebih dari 10 hari pada anak yang berusia kurang dari 3 tahun, atau lebih dari 3 minggu pada anak yang lebih besar, remaja dan dewasa.

Ketika Anda mengalami gejala batuk yang semakin parah ketika cuaca dingin, atau ketika sedang berolahraga atau batuk yang memburuk di malam hari, maka kemungkinan yang mungkin terjadi adalah Asma Anda kambuh. Anda bisa melakukan terapi penguapan di rumah dengan menggunakan nebulizer, minum obat asma atau menggunakan  bronkodilator kerja singkat. Kunjungi dokter Anda jika asma Anda semakin memburuk.

Jika Anda mengalami gejala batuk dengan rasa panas dalam perut, maka kemungkinan terjadi: Penyakit refluks gastrointestinal atau GERD. Yang harus Anda lakukan adalah hindari makanan pemicu seperti kafein, cokelat, makanan tinggi lemak, makanan asam. Konsumsilah makanan dalam porsi yang lebih sedikit namun sering, dan jangan berbaring setelah makan. Antasida yang dijual bebas, inhibitor pompa proton seperti omeprazole dan esomeprazole, serta antagonis reseptor H2 seperti cimetidine dan ranitidine dapat membantu mengurangi kondisi ini. Hubungi dokter jika gejala tidak membaik dalam 2-3 minggu.

Jika Anda mengalami gejala batuk yang disertai pilek, sakit tenggorokan, dan lelah. Mungkin juga terjadi demam, nyeri dada, suara serak, suara berderak atau mengeluarkan bunyi siul saat bernapas, dan lendir yang bening, putih, kuning, atau hijau, maka kemungkinan yang mungkin terjadi adalah Bronkitis. Hubungi dokter segera jika disertai demam, merasa sangat sakit dan lemah, batuk darah, bernapas pendek, memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau PPOK, atau jika gejala tidak hilang dalam dua minggu

Baca juga  Pemeriksaan Tekanan Darah Pada Pasien

Ketika Anda mengalami gejala batuk mengi yang terjadi secara tiba-tiba pada anak, maka kemungkinan yang terjadi adalah adanya benda asing yang menyumbat jalan pernapasan. Yang harus dilakukan adalah segera hubunqi dokter jika Anda menduga ada sesuatu yang membuat tenggorokan anak tersumbat. Bawa ke unit gawat darurat bila anak mengalami kesulitan dalam bernapas

Ketika Anda mengalami gejala batuk mengi hanya pada saat-saat tertentu (misal saat pergantian musim), maka kemungkinan Anda mengalami alergi serbuk sari. Anda dapat membeli obat alergi secara bebas maupun yang dengan resep dokter untuk membantu mengurangi gejalanya. (Perhatikan jika mengi terjadi disertai napas pendek. Ini adalah tanda asma, bukan alergi. Anak-anak yang mengalami mengi harus diperiksa oleh dokter.)

Ketika Anda mengalami gejala batuk seperti “menggonggong” dan kesulitan bernapas yang memburuk di malam hari, Yang mungkin terjadi adalah Croup. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah segera hubungi dokter. Croup menyebabkan pembengkakan jalan napas di paru-paru dan membutuhkan penanganan segera. Gejala ini dapat dikurangi dengan menggunakan nebulizer. Pemberian asetaminofen bisa membuat penderita menjadi lebih nyaman.

Demikian pembahasan “Yang harus Anda lakukan Saat Batuk Melanda” mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *