Lakukan Hal ini Agar ASI Tidak Terkontaminasi

ASI sebagai sumber makanan penting untuk bayi Anda harus selalu terjaga dari berbagai kontaminasi, agar bayi Anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Anda bisa meminimalkan masuknya zat-zat yang menyebabkan kontaminasi ASI lewat cara-cara berikut:

  • Jangan mencoba mengurangi berat badan selama menyusui, dan pastikan Anda mengkonsumsi cukup kalori untuk mencegah terpecahnya lemak secara berlebihan, di mana zat-zat pengkontaminasi itu bisa tersimpan. Tak perlu terlalu khawatir jika berat badan Anda berkurang satu atau dua kilogram – yang perlu Anda lakukan hanyalah menghindari diet dan cobalah untuk makan secara normal.
  • Jangan berolahraga terlalu berat jika Anda menyusui.  Olahraga digabungkan dengan asupan makanan dengan porsi normal sudah cukup – misalnya, yoga, pilates, renang, atau jalan kaki.
  • Bernapas dalam selama berolahraga adalah cara yang baik untuk membersihkan racun-racun.
  • Makanlah banyak sayuran dan buah-buahan segar yang mengandung zat antioksidan yang membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda. Pilihlah makanan-makanan organik, yang bebas dari zat kimia pestisida dan zat tambahan lainnya.
  • Sebisa mungkin, hindari paparan zat-zat polutan dari lingkungan, zat-zat kimia pengkontaminasi, zat-zat kimia dalam kosmetik, pewarna rambut, dan parfum, serta obat-obatan yang tidak perlu, dan lain sebagainya.

Sumber: Natural Baby, Cara Alami Merawat Bayi, Janet Balaskas

Baca juga:
Zat Gizi Penting Dalam ASI dan Manfaat Menyusui Bagi Para Ibu
Langkah-langkah Mendapatkan Posisi Yang Nyaman Ketika Pertama Menyusui
Tips Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Baca juga  Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Secara Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *