Tanda-tanda Masalah Pada Mata Anda

Tanda-tanda Masalah Pada Mata Anda

Saat kita mulai memasuki usia 40an, akan muncul beberapa masalah pada mata dan penglihatan yang akan meningkat. Jika Anda mengalami salah satu gejala yang akan dijabarkan berikut, Anda mungkin mengalami tanda- tanda peringatan dini dari masalah kesehatan mata yang lebih serius:

 

Penglihatan berfluktuasi

Jika Anda seringkali merasakan kesulitan untuk melihat sesuatu dengan jelas, mungkin hal tersebut merupakan tanda adanya penyakit diabetes atau hipertensi. Kondisi kronis dari penyakit-penyakit diabetes atau hipertensi tersebut dapat merusak pembuluh darah kecil di retina dan lapisan peka cahaya di belakang mata. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan kaburnya penglihatan, yang kadang- kadang bisa menjadi permanen.

 

Melihat bintik dan kilatan

Kadang-kadang, kita mungkin melihat bintik-bintik (floaters) pada mata. Ini sebenarnya adalah bayangan partikel yang mengambang dalam cairan yang mengisi bagian dalam mata. Meskipun mungkin dapat mengganggu atau menimbulkan perasaan tidak nyaman, bintik-bintik tersebut biasanya tidak berbahaya karena merupakan bagian alami dari proses penuaan mata.

Tetapi jika kita tíba-tíba melihat lebih banyak bintik daripada biasanya, dan díikuti dengan kilatan cahaya (atau seperti lampu yang berkedip-kedip) mungkin hal tersebut merupakan gejala retinal detachment. Kondisi ini adalah sebuah kondisi kedaruratan medis. Jika tidak disambungkan kembali dengan cepat dapat maka dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen di mata yang sakit. Perawatan medis dan pengobatan yang tepat dapat menyelamatkan penglihatan.

 

Kehilangan penglihatan tepi

Jika tiba-tiba Anda kesulitan melihat bagian kanan atau kiri tanpa menggerakan kepala, mungkin Anda mengalami kondisi kehilangan penglihatan tepi. Kehilangan penglihatan tepi bisa jadi merupakan tanda glaukoma. Glaukoma terjadi karena peningkatan tekanan di dalam bola mata (intraocular). Penyebabnya bisa macam-macam, misalnya karena trauma atau katarak. Glaukoma seringkali tidak memiliki gejala sampai kerusakan sudah terjadi.

Baca juga  Apakah oksigen ada masa kadaluarsanya?

 

Gambar terlihat terdistorsi

Jika Anda melihat sebuah garis tiba-tiba terdistorsi atau bergelombang, Anda mungkin memiliki tanda-tanda yang berkaitan dengan penyakit degenerasi makula. Penyakit ini mempengaruhi makula, yakni bagian dari retina yang bertanggung jawab pada penglihatan pusat yang mengatur ketajaman mata. Degenerasi makula ini menyebabkan area kosong (skotoma sentral) yang tepat di tengah-tengah bidang penglihatan.

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *