Tips Olahraga Untuk Kalangan Lanjut Usia dan Contohnya

Tips Olahraga Untuk Kalangan Lanjut Usia dan Contohnya

Pentingnya Olahraga Untuk Kalangan Lanjut Usia

Menjadi tua memang bukan pilihan bagi siapapun, tapi hal tersebut pasti akan terjadi pada siapa pun. Dan sehat di masa tua itu merupakan pilihan bagi semua orang. Selain menjaga atau mengatur pola makan agar tubuh tetap sehat di masa tua, maka perlu diketahui ternyata aktifitas olahraga penting untuk kalangan lanjut usia

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, membuktikan bahwa mereka yang memilih gaya hidup santai dan jarang berolahraga, ternyata menjadi salah satu faktor utama resiko penyakit jantung. Sedangkan mereka yang melakukan olahraga secara rutin dapat mengurangi kematian, serta keparahan dari suatu penyakit penyakit tertentu khususnya yang berhubungan dengan usia.

Untuk menentukan olahraga yang cocok bagi kalangan lanjut usia sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, mengingat kondisi fisik setiap orang lanjut usia berbeda beda.  Pada hakikatnya olahraga untuk kalangan lanjut usia ini harus di mulai dari jenis olahraga yang paling ringan, kemudian secara bertahap ditingkatkan hingga level sedang.

Nah, agar memperoleh hasil maksimal, ada tiga jenis komponen olahraga yang sebaiknya dilakukan oleh kalangan lanjut usia seperti dijelaskan berikut ini.

 

Contoh jenis olahraga untuk lanjut usia

Latihan kekuatan

Latihan ini dapat dilakukan misalkan dengan mengangkat botol air mineral, secara perlahan lahan,  dimulai tanpa mengangkat beban dulu kemudian dengan mengangkat beban, supaya persendian tidak kaget. Selain itu, latihan kekuatan juga dapat dilakukan dengan cara lain seperti, bangun lalu berdiri dari kursi. Jangan lupa lakukan hal ini juga secara perlahan dan teratur.

Baca juga  Cara Mengobati Anyang Anyangan

 

Latihan keseimbangan

Latihan ini sangat penting karena hal ini memang terbukti bagus untuk di lakukan. Latihan ini dimaksudkan supaya dapat meningkatkan stabilitas dan menghindari resiko mereka jatuh. Cara latihan seperti ini dapat dilakukan dengan cara, misal : berdiri pada satu kaki, peregangan otot-otot lengan serta kaki. Latihan ini memiliki gerakan yang mirip dengan gerakan pemanasan sebelum melakukan aktifitas olahraga pada umumnya. Latihan keseimbangan dapat dilakukan dua kali dalam seminggu.

 

Latihan aerobik

Latihan aerobik merupakan latihan/ olahraga yang baik untuk kesehatan jantung serta paru paru. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara berlari ringan, bersepeda, berenang ataupun berjalan kaki. Olahraga jenis ini dapat dilakukan secara rutin dan teratur selama 30 menit setiap harinya.

Olahraga memang sangatlah penting, tak hanya berperan penting dalam kesehatan namun juga kebugaran kalangan lanjut usia. Terlepas dari itu, peran orang orang terdekat sangat dibutuhkan untuk mendukung serta memberi semangat pada lansia untuk melakukan kegiatan tersebut.

Demikian informasi sederhana mengenai tips olahraga untuk kalangan lanjut usia yang penting untuk dilakukan, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Baca juga:

Jenis Olahraga Untuk Usia 40 Tahun Ke Atas

5 Macam olahraga menyenangkan untuk memperkuat fungsi jantung

Ini Dia Olah Raga Yang Cocok Untuk Penderita Sakit Jantung

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *