Kemana Limbah Jarum Suntik/Spuit Setelah Digunakan?

Pertanyaan tentang penanganan limbah jarum suntik ini berawal dari sebuah diskusi di Quora, di mana ada seorang Quoran yang menanyakan Kemana Limbah Jarum Suntik/Spuit Setelah Digunakan?. Pertanyaan ini membuat saya tergelitik untuk menjawabnya.

Kategori Peralatan Medis

Peralatan medis yang sering kita lihat di klinik ataupun rumah sakit berdasarkan sifat pemakaiannya, terbagi menjadi 2 macam yaitu:

  • Disposable
  • Reusable

Disposable atau banyak orang mengenalnya dengan sebutan Bahan Habis Pakai, merupakan peralatan yang hanya boleh digunakan sekali pemakaian kemudian dibuang. Contoh barang-barang disposable antara lain; sarung tangan/ gloves, masker, shoe cover, urine bag, dan beberapa barang medis lain, termasuk di antaranya jarum suntik yang akan kita bahas dalam artikel ini

Sedangkan peralatan medis yang reusable adalah peralatan medis yang boleh digunakan kembali setelah melalui sterilisasi. Peralatan medis reusable ini diantaranya gunting bedah, forceps, dan beberapa instrumen bedah atau peralatan medis lainnya.

 

Penanganan Limbah Medis Jarum Suntik

Seperti dijelaskan sebelumnya, jarum suntik atau orang medis banyak yang menyebut spuit/syringe  termasuk kategori disposable ini. Ada beberapa tahapan yang dilakukan terkait penanganan limbah jarum suntik ini.

Perlakuan terhadap limbah spuit yang pertama dilakukan adalah dengan mematahkan dan membakar jarumnya hingga meleleh tidak berbentuk menggunakan alat yang namanya needle destroyer.

alat penghancur jarum suntik

Kemudian untuk bodi plastiknya dikumpulkan dalam kotak limbah khusus (ada yang terbuat dari karton tebal, ada juga yang dari plastik), namanya sharp waste collector. Limbah medis ini kemudian dikumpulkan dan dibawa ke instalasi pengolahan limbah untuk dibakar dengan suhu tinggi menggunakan incinerator.

 

Limbah jarum suntik ini merupakan limbah infeksius yang sangat berbahaya, itulah mengapa limbah jarum suntik ini harus dihancurkan dan tidak diperbolehkan untuk digunakan kembali.

Baca juga  Tips Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Demikian pebahasan terkait penanganan limbah jarum suntik setelah digunakan, semoga dapat menambah wawasan Anda.

 

Baca juga:

Mengenal Peralatan Yang Digunakan Dalam Terapi Rehabilitasi Medis

4 Peralatan Kesehatan yang Sebaiknya Anda Miliki di Rumah Anda

Efek Pemakaian Alkohol Untuk Pembersih Luka Pada Jaringan Kulit

 

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *