Dampak Negatif Oksigen Untuk Kesehatan, Jika Dihirup Berlebihan

Dampak Negatif Oksigen Untuk Kesehatan, Jika Dihirup Berlebihan

Manfaat Oksigen Bagi Kehidupan Manusia

Oksigen merupakan unsur yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya. Berdasarkan volumenya, 20,9% bagian dari atmosfer bumi adalah oksigen.  

Pada manusia, sistem pernapasan berfungsi untuk menyediakan asupan oksigen secara konsisten agar seluruh fungsi tubuh bekerja dengan baik.

Dalam kondisi normal, oksigen yang dibutuhkan manusia mengambil dari alam. Namun, tidak demikian pada orang dengan kondisi yang sakit. Orang sakit membutuhkan dorongan oksigen yang lebih besar dan lebih murni, agar tidak mengalami sesak napas. Dan itu hanya bisa dilakukan dengan bantuan tabung oksigen atau menggunakan alat oxygen concentrator.

Oksigen yang dikeluarkan dari tabung oksigen atau alat oxygen concentrator ini bersifat kering, sehingga dibutuhkan air untuk melembabkannya. Itu mengapa setiap tabung oksigen atau alat oxygen concentrator dilengkapi dengan humidifier yang berfungsi untuk melembabkan oksigen, untuk kemudian dialirkan ke pasien. 

Oksigen akan sangat bermanfaat jika digunakan sesuai kebutuhan dan dalam takaran yang cukup. Sebaliknya oksigen akan membawa dampak buruk untuk kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Dampak Negatif Pemakaian Oksigen Berlebihan Terhadap Kesehatan Tubuh 

Keracunan oksigen

Penggunaan oksigen secara berlebihan akan mengakibatkan keracunan oksigen yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem syaraf. Ketika sistem syaraf bermasalah maka akan mengakibatkan kejang kejang (Paul Bert Effect). 

Sesak napas dan nyeri dada

Dampak negatif pemakaian oksigen berlebihan juga dapat mengakibatkan paru paru mengalami sesak nafas dan nyeri sakit dada  (Lorrain Smith effect), dan jika menyerang mata, maka akan mengakibatkan terjadinya rabun jauh (myopia) hingga yang paling parah dapat menyebabkan kebutaan.

Baca juga  Terlalu banyak minum air putih tidak baik untuk anda

Hipoksia

Pada bayi prematur,  asupan oksigen tidak boleh berlebihan, namun juga tidak boleh kekurangan. Kekurangan oksigen (Hipoksia), akan menyebabkan bayi prematur di dalam inkubator mengalami kerusakan otak yang dinamakan cerebral palsy (CP).

Demikian pembahasan mengenai dampak negatif pemakaian oksigen berlebihan terhadap kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Baca juga:
Dianggap Lebih Aman, Ternyata Ini Dampak Negatif Rokok Elektrik Yang Mengerikan
Penyebab dan Dampak Negatif Internet Pada Anak dan Remaja
Fakta dan Mitos Tentang Angin Duduk (Angina Pektoris)

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *