Membahayakan Kesehatan, Ini Dampak Negatif Minyak Goreng Curah

Membahayakan Kesehatan, Ini Dampak Negatif Minyak Goreng Curah

Minyak goreng merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan manusia sehari-hari. Keberadaannya sangat dibutuhkan dalam proses mengolah makanan untuk dikonsumsi. Minyak goreng umumnya dibuat dari sawit. Minyak goreng sawit ini memiliki komposisi asam lemak serta Vitamin A yang juga mengandung senyawa anti kanker yang tinggi, sehingga membawa manfaat untuk kesehatan.

Jenis-jenis minyak goreng

Minyak goreng yang beredar di pasaran berdasarkan kemasannya, dibagi menjadi dua macam yaitu:

  • Minyak goreng kemasan
  • Minyak goreng curah

Perbedaan Minyak Goreng Curah dan Minyak Goreng Kemasan

Melansir dari kompas.com, pada dasarnya, minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan pada dasarnya memiliki perbedaan pada proses penyaringannya. Minyak goreng curah hanya menjalani proses satu kali penyaringan, sedangkan minyak goreng kemasan menjalani proses dua kali penyaringan.

Sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam SNI, ada satu kriteria, yaitu syarat bilangan peroksida yang tidak dapat dipenuhi oleh minyak goreng curah. Angka peroksida menunjukkan tingkat kerusakkan minyak yang diakibatkan oleh terjadinya oksidasi.

Kualitas minyak goreng curah

Angka peroksida yang tinggi menujukkan terjadinya kerusakan pada minyak goreng tersebut sehingga akan timbul bau tengik serta sudah terjadi oksidasi. Minyak goreng curah yang tidak dikemas dengan baik lebih mudah terpapar oleh berbagai macam hal, seperti terkena cahaya matahari langsung, terpapar oksigen, serta suhu tinggi. Selain itu karena ditempatkan dalam keadaan terbuka, minyak goreng sangat rentan dihinggapi kecoa, kotoran cicak, ataupun terkena kotoran tikus.

Dampak negatif minyak goreng curah 

Berdasarkan data dari Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan (Unimed), ada dugaan bahwa minyak goreng curah yang beredar luas di pasaran merupakan hasil olahan dari minyak jelantah, sehingga terjadi penurunan kualitasnya. Zat gizi yang terkandung dalam minyak goreng curah seperti beta karoten sudah mengalami kerusakan.

Baca juga  Ciri-Ciri Masuk Angin Pada Anak anak dan Orang Dewasa

Kandungan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang terkadung di dalam minyak goreng curah  juga sudah hilang. Dengan kondisi yang demikian , dampak negatif penggunaan minyak goreng curah rentan memicu timbulnya berbagai penyakit seperti di bawah ini:

  • kolesterol, 
  • diabetes, 
  • kanker payudara, 
  • keracunan makanan 
  • penyakit kardiovaskular.

Mengapa harga minyak goreng bisa murah?

Minyak goreng curah bisa dijual lebih murah karena beberapa faktor, diantaranya seperti berikut ini:

  • Minyak goreng tidak memperhitungkan biaya pengemasan, karena minyak goreng curah tidak memerlukan kemasan khusus.
  • Minyak goreng curah umumnya dijual ke pasar tradisional, bukan ke pasar modern atau konvenience store seperti Indomaret atau Alfamart,
  • Minyak goreng curah ada yang dibuat dari minyak jelantah menggunakan zat-zat tertentu, sehingga biaya produksinya sangat murah dibandingkan minyak goreng curah yang diproduksi oleh pabrik.

Stop penggunaan minyak goreng curah

Meskipun minyak goreng curah memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan minyak goreng kemasan namun demi alasan kesehatan, sebaiknya kita beralih menggunakan minyak goreng kemasan yang sudah terjamin kebersihan dan kandungan nutrisinya.

Baca juga:
Dampak Negatif Oksigen Untuk Kesehatan, Jika Dihirup Berlebihan
Mengolah Makanan Yang Dipanggang Dengan Sehat
Cara Mengatasi Sesak Nafas pada Malam Hari

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *