Mengetahui Manfaat Durian Sebagai Obat Tradisional

Mengetahui Manfaat Durian Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Durian

Durian memiliki banyak sekali manfaat. Selain dikonsumsi durian juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.

Akar durian dapat dimanfaatkan sebagai obat demam,  daun tanaman durian juga dicampur dengan jeringau/dilingo (Acorus calamus) juga dapat digunakan sebagai bahan obat-untuk menyembuhkan cantengan (infeksi kuku). Air rebusan daunnya juga dapat digunakan untuk diminum jika sedang demam, dan jus daunnya ditempelkan di dahi sebagai kompres. Kulit buahnya untuk mengobati ruam pada kalit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit).

Kulit buah durian jika dibakar, maka abunya dapat digunakan sebagai ramuan untuk melancarkan haid dan menggugurkan kandungan. Abu dan air rendaman abu ini juga digunakan sebagai campuran pewarna tradisional.

Beberapa masyarakat di Jawa menggunakan kulit durian sebagai pengusir nyamuk, dengan meletakkannya di berbagai sudut ruangan. Kayu gubalnya berwarna putih dan terasnya kemerah-merahan. Ringan, namun tidak begitu awet dan mudah diserang rayap biasa digunakan sebagai perabot rumah, peti-peti pengemas, dan bahan konstruksi ringan di bawah atap, asalkan tidak bersentuhan dengan tanah.

Kulit buah maupun daunnya direbus juga bisa digunakan untuk obat ruam kulit (kurap) dan sembelit (sulit BAB). Di China, rebusan daun dan akar durian direbus untuk meredakan demam dan mengeluarkan dahak.

Hasil penelitian tentang durian

Di negara-negara Barat saat ini sedang dilakukan berbagai penelitian durian. Beberapa di antaranya sudah diketahu hasilnya. Beberapa di antaranya sudah diketahui hasilnya.

Berikut ini beberapa hasil penelitian durian, berupa efek durian terhadap kesehatan tubuh.

Menurunkan lemak

Penggunaan gel polisakarida (polysaccharide gel) yang diekstrak dari sekam kulit biji buah durian jenis monthong ((Durio zibethinus) potensial mengandung serat diet atau suplemen medis yang mampu menurunkan kadar kolesterol atau lemak darah.

Baca juga  Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

Antibakteri dan menyembuhkan luka

Gel polisakarida yang diekstrak dari sekam kulit biji buah durian ternyata berefek menyembuhkan luka, selain itu dapat melawan bakteri S. aureus dan E. coli sehingga penyembuhan luka terjadi lebih cepat.

Antioksidan

Bioaktivitas dan polifenol yang tinggi pada durian merupakan sumber antioksidan dan nutrisi.

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *