Yang Harus Dihindari Setelah Mencuci Tangan di Area Publik

Yang Harus Dihindari Setelah Mencuci Tangan di Area Publik

Kebiasaan mencuci tangan itu baik

Selama ini banyak di antara kita yang merasa sudah menerapkan pola hidup bersih dengan membiasakan diri mencuci tangan tapi masih saja terpapar virus atau bakteri. Berarti ada yang salah dengan cara mencuci tanganmu dan perlakuan setelahnya. Pahami bahwa mencuci tangan tidak sekedar asal tangan sudah basah lalu kamu merasa sudah bersih.

Berikut ini hal-hal yang harus dihindari sesudah mencuci tangan

1. Jangan tutup keran air dengan telapak tanganmu

Banyak sekali di antara kita yang menerapkan, setelah mencuci tangan lalu menutup kembali keran air dengan menggunakan telapak tangan. Hal ini harus diluruskan, jangan gunakan telapak tanganmu untuk menutup keran, tapi gunakanlah punggung tangan atau lenganmu. Bagaimana jika kerannya model putar? maka ambillah tissu lalu gunakan tisu tersebut untuk menjaga agar telapak tanganmu tidak kontak langsung dengan keran. Banyak sekali bakteri yang menempel pada permukaan keran air

2. Jangan gunakan handuk pengering

Pada umumnya, di sebelah wastafel disediakan kain serbet atau handuk untuk mengeringkan tangan. Biasanya disediakan di rumah makan atau warung-warung makan. Sebaiknya hindari untuk menggunakan serbet atau handuk pengering tersebut. Kita tidak pernah tahu siapa saja yang telah menggunakan handuk tersebut dan bagaimana riwayat kesehatannya. Ketika tanganmu basah, mendingan kalian angin anginkan tangan kalian hingga kering, jika memang tidak disediakan mesin dryer.

3. Jangan pegang handle pintu dengan telapak tangan

Ketika selesai menggunakan toilet dan mencuci tangan, hindari untuk membuka slot dan memegang handle pintu dengan menggunakan telapak tangan. Sama seperti poin nomer satu, gunakan punggung tangan  atau lenganmu, dan doronglah pintu tersebut dengan bahumu. Atau gunakan tisu bila memang disediakan.

Baca juga  Cara Mengobati Batuk pada Anak

Nah demikian hal hal yang harus dihindari setelah mencuci tangan di area-area publik, semoga bermanfaat ya

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *