Hal-Hal Mengejutkan yang Bisa Menyakiti Jantung Anda

Hal-Hal Mengejutkan yang Bisa Menyakiti Jantung Anda

Dapatkan Fakta Tentang Jantung

Anda tahu bahwa pola makan yang buruk dan terlalu sedikitnya porsi olahraga dapat menyakiti jantung Anda. Tetapi ada banyak sumber penyakit jantung yang mungkin tidak Anda sadari. Seperti dilansir dari webmd.com, Berikut adalah beberapa yang perlu Anda ketahui, dan langkah-langkah yang cerdas untuk membantu Anda tetap sehat.

Masalah gigi

Perlu motivasi ekstra untuk menyikat dan membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari? Orang-orang dengan penyakit gusi juga cenderung memiliki penyakit jantung. Hubungannya tidak jelas, tetapi beberapa ahli berpikir bakteri dari gusi Anda mungkin akan terbawa ke aliran darah Anda, yang menyebabkan peradangan pembuluh darah dan masalah jantung lainnya. Temui dokter gigi Anda setiap 6 bulan untuk pemeriksaan. Buat janji segera jika Anda melihat kemerahan atau rasa sakit pada gusi Anda atau perubahan pada gigi Anda.

Kerja shift

Menurut penelitian terbaru dari Western University di Kanada, Bekerja di malam hari atau berjam-jam tidak teratur meningkatkan risiko serangan jantung. Para peneliti mengatakan kerja shift memiliki dampak buruk pada ritme sirkadian tubuh (misal. “Jam internal” Anda), dan mereka berpikir itu membahayakan jantung Anda. Jadi, jika Anda tidak bekerja di siang hari secara teratur, ambil langkah-langkah tambahan untuk menurunkan risiko penyakit jantung: Misalkan dengan melakukan olahraga secara rutin, makan makanan seimbang, dan mengunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan rutin.

Baca juga  Apa saja yang jadi penyebab penyakit asma?

Terjebak pada kemacetan Lalu Lintas

Terjebak dalam kemacetan lalu lintas, dapat memicu stress dalam tubuh anda. Mungkin itulah sebabnya penelitian mengaitkan menghabiskan satu jam dalam kemacetan lalu lintas memiliki peluang lebih tinggi mengalami serangan jantung. Tingkat kebisingan yang tinggi – seperti yang Anda dengar di jalan bebas hambatan – juga dapat memicu penyakit jantung.

Jika Anda tidak dapat menghindari bepergian selama jam sibuk, kurangi stres dengan mendengarkan musik yang menenangkan. Atau bagikan perjalanan dan mengobrol dengan sesama penumpang Anda.

Menopause Dini

Jika Anda seorang wanita dan Anda mengalami menopause sebelum menginjak usia 46 tahun, peluang Anda terkena serangan jantung atau stroke mungkin dua kali lebih tinggi daripada mereka yang mengalaminya nanti. Penurunan estrogen, mungkin berperan dalam peningkatan resiko penyakit jantung.

Tidur Mendengkur

Jika pasangan Anda mengatakan Anda mendengkur secara teratur atau Anda kedengaran seperti sedang terengah-engah saat tidur, temui dokter Anda. Anda mungkin memiliki kondisi serius yang disebut apnea. Ini bisa terjadi ketika saluran nafas Anda tersumbat sebagian dan itu menyebabkan Anda berhenti bernapas. Gangguan ini terkait dengan tekanan darah tinggi, detak jantung yang tidak teratur, stroke, dan gagal jantung. Terapi dan perawatan dapat membantu Anda bernapas lebih mudah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Hepatitis C

Jika Anda memiliki penyakit infeksi hati ini, Anda lebih cenderung memiliki kolesterol rendah dan tekanan darah rendah daripada orang yang tidak memiliki penyakit ini. Namun meski begitu, Anda masih memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Para peneliti berpikir hepatitis C dapat menyebabkan peradangan sel dan jaringan tubuh, termasuk yang ada di jantung.

Tidak Mendapatkan Tidur Yang Baik dan berkualitas

Ketika secara rutin, tidur Anda kurang dari 6 jam sehari, Anda memiliki risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol. Ini meningkatkan kemungkinan Anda akan menjadi gemuk dan terkena diabetes juga (keduanya dapat menyakiti jantung Anda). Namun, Itu tidak berarti Anda harus tidur sepanjang hari.

Baca juga  Mengenali Penyebab Batuk Pada Anak

Ketika Anda menghabiskan waktu untuk tidur lebih dari 9 jam sehari, itu dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena diabetes dan mengalami stroke – faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Waktu tidur ideal adalah selama 7 hingga 9 jam tidur malam.

Pernikahan yang Tidak Bahagia

Pasangan yang cocok membuat hati Anda bahagia dan sehat. Orang dewasa yang lebih tua yang bahagia dengan perkawinannya memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada mereka yang tidak, Kemungkinan penyebabnya? Stress.

Ketika Anda stres, Anda lebih cenderung membuat pilihan diet yang buruk dan melakukan hal-hal lain yang dapat menyakiti jantung Anda. Terlebih lagi, hormon stres mungkin memiliki efek negatif pada jantung.

Kesepian

Ketika Anda menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, itu akan menghindarkan Anda dari stres dan membantu Anda tetap aktif. Orang yang kesepian lebih mungkin untuk memiliki resiko penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki interaksi sosial.

Lemak perut

Lemak perut dapat memicu tubuh Anda untuk membuat hormon dan bahan kimia lain yang dapat meningkatkan tekanan darah dan berdampak buruk pada pembuluh darah dan kadar kolesterol Anda. Penelitian menunjukkan bahwa yoga dan olahraga dengan intensitas tinggi yang singkat adalah cara yang bagus untuk mengurangi lemak perut pada tubuh Anda.

Olahraga berlebihan

Penelitian menunjukkan; Olahraga sangat bagus untuk jantung Anda. Tetapi jika Anda tidak dalam kondisi baik atau hanya berolahraga sesekali, mulailah perlahan dan bangun daya tahan Anda. Ketika Anda berolahraga terlalu lama atau terlalu keras, itu dapat menempatkan Anda pada risiko serangan jantung dan masalah lainnya.

Tidak yakin apa yang aman untuk Anda? Mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan. Jika Anda memiliki risiko tinggi penyakit jantung, bicarakan dengan dokter Anda, dan pertimbangkan untuk menggunakan monitor jantung saat berolahraga.

Baca juga  Cara Aman Mengatasi Batuk Pada Bayi dan Balita

Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu di Depan TV

Orang-orang yang menghabiskan waktu di depan televisi lebih cenderung mengalami masalah jantung daripada mereka yang membatasi waktu menonton TV. Setiap jam yang Anda habiskan menonton TV setiap hari dapat meningkatkan risiko Anda hampir 20%. Duduk adalah penyebab yang paling mungkin; itu terkait dengan masalah seperti tekanan darah tinggi. Sampai peneliti mengetahui bagaimana dan mengapa masalah TV dan jantung terhubung, cobalah membatasi waktu Anda di depan TV.

Demikian artikel tentang Hal-Hal Mengejutkan yang Bisa Menyakiti Jantung Anda, semoga bermanfaat.

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *