September 11, 2018 Oleh admin Off

Isi Ulang Tabung Oksigen dari Tanaman Hydrilla berhasil ditemukan oleh anak SD

Umumnya tabung oksigen kalengan untuk alat bantu pernapasan yang dijual di pasaran hanya dapat digunakan untuk sekali pakai. Hal ini menginspirasi siswa SD untuk membuat tabung oksigen isi ulang. Namun yang mengesankan, tabung oksigen tersebut bukan diisi ulang oleh sebuah mesin, melainkan dengan oksigen hasil fotosintesis. Penasaran?

Siswa kelas 5 SD Marsudirini 2 Yogyakarta menciptakan sebuah alat sederhana yang menghasilkan oksigen untuk mengisi tabung oksigen untuk alat bantu pernapasan. Hasil ciptaan tersebut kemudian dia perlombakan di ajang Kalbe Junior Science Award 2017.

Mereka adalah Herve Giselle Pranajaya dan Hanny Febriwan Hasian Sihotang. Keduanya mengaku mendapat ide cemerlang tersebut saat hendak menolong teman yang menderita asma.

Baca juga: Isi Ulang Oksigen di Depok dan sekitarnya

“Waktu itu ada teman yang asma, dibawa ke unit kesehatan sekolah dan mau diberikan pertolongan pertama. Tapi sayangnya saat itu tabung oksigennya kosong,” ucap Giselle di acara KJSA 2017 yang digelar di Pasar Senin, Ancol pada Sabtu (14/10/2017).

Saat itulah keduanya berusaha mencari cara untuk membuat tabung oksigen yang sederhana namun sangat bermanfaat.

sumber: liputan6.com

Baca juga  10 Tatanan Menuju Pola Hidup Sehat