Penyebab diabetes dan gejalanya yang sebaiknya anda tahu

Penyebab diabetes

Diabetes atau yang lebih dikenal masyarakat awam sebagai penyakit kencing manis merupakan kelainan metabolik pada tubuh yang terjadi dan disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya kadar insulin dalam tubuh atau ketidakmampuan tubuh untuk menyerap dan memanfaatkan insulin.

 

Jenis-jenis diabetes

Dalam dunia medis, kita mengenal ada beberapa tipe diabetes, yang umum di masyarakat, antara lain:

Diabetes tipe 2

Diabetes ini merupakan yang paling umum terjadi di Indonesia dengan jumlah 2 juta kasus dalam setahun. Diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh kondisi kronis yang mempengaruhi cara tubuh memproses gula darah (glukosa).

Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak mampu untuk menggunakan insulin dengan benar. Ini yang kemudian disebut sebagai resistensi insulin. Pada awalnya, pankreas dalam tubuh anda membuat insulin ekstra untuk menggantikannya. Namun, seiring waktu, Pankreas dalam tubuh anda tidak mampu menjaga dan tidak dapat membuat insulin yang cukup untuk menjaga glukosa darah Anda berada pada tingkat normal.

 

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 bukan penyakit yang umumnya diderita pada masa kanak-kanak. Diabetes tipe 1 dapat terjadi pada setiap usia, pada orang-orang dari setiap ras, dan setiap bentuk dan ukuran. Bahkan, ada lebih banyak orang dewasa yang memiliki diabetes tipe 1 daripada anak-anak, meskipun sebelumnya dikenal sebagai diabetes anak-anak.

Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Tubuh kemudian memecah karbohidrat yang Anda makan menjadi glukosa darah (juga disebut gula darah), dan memanfaatkannya untuk energi. Insulin adalah hormon yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Dengan bantuan terapi insulin dan perawatan lainnya, bahkan anak kecil dapat belajar untuk mengelola kondisi mereka dan menjalani hidup yang panjang dan sehat.

Prediabetes, merupakan suatu kondisi di mana gula darah tinggi, tetapi kadar gula darahnya tidak cukup tinggi untuk menjadi diabetes tipe 2.

 

Gestational diabetes

Gestational diabetes merupakan diabetes yang terjadi selama masa kehamilan pada seorang wanita. Seperti halnya jenis diabetes lainnya, gestational diabetes mempengaruhi bagaimana sel-sel Anda menggunakan gula (glukosa). Gestational diabetes dapat menyebabkan gula darah tinggi yang dapat mempengaruhi kehamilan dan kesehatan bayi Anda.

Ada beberapa hal yang dapat anda kenali sebagai gejala diabetes:

  1. Berat badan anda menurun secara drastis.
  2. Anda sering merasa haus
  3. Badan terasa lebih mudah lelah
  4. Sering buang air kecil
  5. Pandangan kabur
  6. Sering merasa kesemutan
  7. Jika terjadi luka lebih sulit dan lama sembuh

 

Baca juga:

Undur-Undur, Obat Alternatif Diabetes

Diabetes Gestational, Memahami Resiko Peningkatan Gula Darah Saat Kehamilan

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail