Apakah terapi buta warna bisa menyembuhkan?

Apakah terapi buta warna bisa menyembuhkan? Pertanyaan ini tersimpan dalam benak saya selama  ini. Meskipun saya sendiri bukan penderita warna dan bertahun tahun jualan buku tes buta warna 38 plate yang asli.  Selama ini saya selalu berpegangan pada pada keyakinan saya, bahwa buta warna tidak dapat disembuhkan, karena buta warna bukan penyakit melainkan kelainan genetika. Jadi jika ada pertanyaan, Apakah terapi buta warna bisa menyembuhkan? atau apakah dengan terapi buta warna bisa melihat alur dalam buku tes buta warna, saya menyangsikannya.

Sepanjang yang saya ketahui, terapi buta warna menggunakan bantuan plastik mika merah, tapi tujuan terapi itu sendiri adalah berlatih, berlatih dan berlatih agar lulus tes buta warna. Artinya mata dikondisikan  dengan dipaksa untuk bisa membaca alur di dalam plate buku tes buta warna. Jadi setelah tes buta warnanya usai dan menghadapi kehidupan yang sebenarnya, dia akan kembali menjadi seseorang yang buta warna.

Jadi pada poin ini kita sepakat dengan satu kesimpulan bahwa terapi itu lebih ditujukan untuk menyiasati agar seseorang lolos tes buta warna, tetapi terapi itu sendiri bukanlah suatu metode untuk menyembuhkan seseorang dari buta warna.

Ada satu kabar gembira, yaitu dengan ditemukannya terapi untuk menyembuhkan buta warna, Berawal ketika Team peneliti menginjeksi mata monyet dengan virus yang membawa sebuah gen yang membuat L-opsin, salah satu dari tiga protein yang akan dikeluarhak pada saat sel pendeteksi warna ditimpa panjang gelombang cahaya yang berbeda. Tapi terapi ini baru sebatas percobaan pada dua ekor monyet yang menderita buta warna.  Percobaan ini berhasil, monyet bisa membedakan warna hijau dan merah untuk pertama kalinya.

Apakah terapi buta warna bisa menyembuhkan?

Dengan percobaan ini memberikan harapan besar di masa mendatang, dan para peneliti dapat terus mencari kemungkinan agar terapi gen ini dapat diterapkan pada manusia.

 

Baca juga:

Apakah mengkonsumsi RETIVIT dapat menyembuhkan BUTA WARNA?
Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail