Penyebab Penyakit Panu dan Cara Pencegahannya

Penyakit Panu, yang sebaiknya Anda ketahui

Penyakit panu dan cara pencegahannya harus anda ketahui lebih dini. Hal ini disebabkan karena penyakit panu ini ternyata dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Penyakit panu ini sebenarnya merupakan penyakit kulit yang ditimbulkan akibat dari infeksi jamur. Para penderitanya biasanya akan mendapati area kulit yang bercak-bercak kecil dimana memiliki warna yang lebih terang dibandingkan kulit asli.

 

Penyebab Penyakit Panu dan Cara Mencegahnya

Penyakit panu tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya, hanya saja kehadiran penyakit panu dapat memicu penurunan tingkat kepercayaan diri seseorang. Setiap orang  memiliki risiko terkena penyakit panu ini. Hal itu tidak lain karena adanya jamur yang menyebabkan penyakit panu ini memang telah hidup pada kulit anda. Berikut ini beberapa penyebab panu dan cara mencegahnya yang perlu anda ketahui.

 

1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Salah satu penyebab penyakit panu ini adalah seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah tersebut biasanya akan mendapati jamur yang menempel pada kulit tubuh, serta mengalami pertumbuhan yang cukup cepat.

 

2. Kondisi kulit yang berminyak

Seseorang yang memiliki kondisi kulit yang berminyak lebih rentan terkena panu, dibandingkan mereka yang memiliki kondisi kulit normal. Panu yang timbul akibat minyak yang berlebih ini biasanya diderita para remaja yang memiliki aktivitas cukup padat. Aktivitas tersebut  yang kemudian memicu produksi keringat yang lebih banyak.

 

3. Akibat cuaca

Faktor kondisi cuaca yang tidak menentu seperti panas dan lembab menjadi situasi yang mendukung pertumbuhan jamur, sehingga memicu timbulnya penyakit panu ini. Tidak heran, apabila orang-orang yang tinggal di kawasan tropis memang lebih rentan terkena penyakit panu ini. Penggunaan air untuk mandi yang tercemar juga dapat memicu penyakit kulit ini.

 

4. Perubahan Hormon

Penyakit panu yang diakibatkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh  memang jarang dialami oleh masyarakat yang mengidap panu. Kendati demikian dalam beberapa kasus, menunjukkan apabila salah satu penyebab dari panu adalah adanya perubahan hormon dalam tubuh. Beberapa ciri yang harus anda ketahui tentang penyakit panu ini diantaranya adalah adanya bercak putih yang memiliki warna berbeda dengan warna kulit anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit panu. Pencegahan pada penyakit panu ini bisa dilakukan dengan menghindari pemakaian produk perawatan kulit yang memiliki kandungan minyak berlebih, melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dengan tabir surya, menggunakan lampu tidur ketika tidur, hindari kegiatan yang menyebabkan produksi keringat berlebihan hingga menggunakan pakaian yang longgar.

Demikian mudah mudahan bermanfaat untuk Anda.

 

Baca juga:

Isi Ulang Oksigen di Agam | Sewa Tabung Oksigen | Jual Tabung Oksigen

Daftar Tempat Isi Ulang Oksigen Medis di Lamongan

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail