Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

Banyak orang mencari cara mengobati sakit pinggang secara alami karena penyakit ini banyak dialami oleh orang-orang. Bukan hanya diderita mereka yang sudah berusia lanjut, sakit pinggang juga cukup umum diderita oleh orang yang muda saat ini.  Aktivitas bisa terganggu saat gejala sakit pinggang menyerang. Jika Anda salah satu yang mengalami sakit pinggang, Anda menemukan artikel yang tepat karena hal itu diulas lebih lanjut di artikel ini.

Mengetahui Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab gangguan sakit pinggang ini cukup beragam tapi biasanya ini terjadi diakibatkan terkilirnya otot bagian pinggang yang dikarenakan otot terlalu banyak meregang. Kondisi ini bisa terjadi ketika mengalami cedera saat berolahraga, mengangkat benda berat dengan posisi badan yang salah, memutar tubuh atau postur tubuh yang salah. Ini tidak selalu terjadi tiba-tiba, tapi juga karena kebiasaan yang salah, yang terus berulang dan menyebabkan sakit pinggang semakin terasa.

Baca juga: Cara Mengobati Anyang Anyangan

Cara mengobati sakit pinggang secara alami hanya efektif diaplikasikan untuk sebab-sebab yang ringan. Jika hal ini disebabkan oleh hal medis seperti radang sendi panggul, saraf kejepit, osteoporosis ataupun gangguan tulang lainnya, yang hanya bisa diatasi langsung oleh dokter yang lebih ahli.

Cara Mengobati Sakit Pinggang

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sakit pinggang yang bisa Anda coba lakukan di rumah :

  • Gunakan Kompres air dingin atau panas

Seorang Profesor di University of Maryland School of Medicine menyatakan; dengan melakukan kompres bagian tubuh yang terkena cedera 1-2 hari setelahnya dapat  mengurangi peradangan. Jika Anda lebih suka dengan air hangat, bisa menggunakan air panas. Saat mengompres berikan jeda kurang lebih 20 menit, supaya kulit juga memiliki waktu untuk beristirahat.

  • Berendam di air hangat

Anda juga bisa mencoba berendam dengan air hangat. Karena suhu yang hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta merangsang zat dopamin. Zat itu dapat membantu melawan stres di dalam tubuh serta mengurangi rasa sakit pinggang. Akan Lebih baik lagi jika berendam 2-3 jam sebelum tidur.

  • Mengkonsumsi Kunyit

National Center for Complementary and Alternative Medicine menyatakan bahwa, kunyit dapat digunakan untuk mengobati gejala nyeri sendi. Termasuk dalam hal ini mengobati sakit pinggang. Kunyit mengandung kurkumin di yang bisa menjadi obat peradangan nyeri sendi.

  • Jahe

Seperti halnya kunyit, jahe juga dipercaya dapat membantu mengurangi  nyeri pada sendi. Hal ini disebabkan kandungan phytochemical di dalamnya yang mampu membantu menghentikan peradangan.

Demikian beberapa alternatif cara yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pinggang yang dapat Anda lakukan sendiri saat di rumah. Karena cara mengobati sakit pinggang secara alami dapat cukup efektif untuk membantu Anda mengatasinya.

Baca juga:
Waspadai Jamur Beracun, Ini Trik dan Cara Mengenali Jamur Beracun,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.